Truk Masih Masuk Kota, Pj Wako Palembang Akan Temui Menhub

Lintasan truk di dalam kota Palembang kembali 'makan' korban

Intinya Sih...

  • Truk ODOL di Palembang mencapai 3-4 ribu angkutan per hari, menyebabkan jalan berlubang dan kecelakaan.
  • Pj Wako Palembang akan bertemu Kemenhub untuk menyelesaikan masalah truk ODOL, termasuk meminjam lokasi parkir di Terminal Karya Jaya.
  • Tujuan Pemkot Palembang adalah mengurangi volume truk ODOL dengan menyaring kendaraan masuk kota dan memberikan area parkir tambahan di Terminal Karya Jaya.

Palembang, IDN Times - Truk Over Dimension Over Loading (ODOL) atau kendaraan angkutan barang lebih dari muatan kapasitas kendaraan, masih sering melintas di dalam kota hingga mengakibatkan jalan berlubang.

Bahkan di Palembang, truk ODOL yang melintas dalam sehari bisa mencapai 3-4 ribu angkutan melewati jalan dalam kota. Banyak korban kecelakaan karena jalan tersebut berlubang. Terbaru persoalan jalan berlubang kembali memakan korban di Jalan MP Mangkunegara.

Baca Juga: Kecelakaan Lagi di MP Mangkunegara Palembang, 1 Korban Terlindas Truk

1. Pj Wako Palembang akan menemui Menhub

Truk Masih Masuk Kota, Pj Wako Palembang Akan Temui MenhubIlustrasi truk. IDN Times/ Istimewa

Pj Wako Palembang, Ratu Dewa, mengatakan pihaknya akan mengatasi masalah jalan berlubang akibat truk ODOL yang melintas di dalam kota dengan menemui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara langsung untuk membahas persoalan tersebut.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolda membahas ini dan butuh action cepat. Rabu ini saya mau bertemu Menhub," katanya, Senin (20/5/2024).

Baca Juga: 2 Remaja Tewas Kecelakaan Tunggal karena Ngebut dan Ugal-ugalan

2. Area parkir truk di Keramasan Palembang hanya mampu menampung 50 unit truk

Truk Masih Masuk Kota, Pj Wako Palembang Akan Temui MenhubIlustrasi truk. (dok. Istimewa)

Salah satu yang diajukan Pemkot Palembang terkait truk ODOL adalah pemerintah pusat meminjamkan lokasi parkir bagi kendaraan truk muatan di Terminal Karya Jaya.

"Jembatan Timbang UPPKB di Keramasan hanya mampu menampung 50 kendaraan. Terkait operasi jembatan timbang itu tanggung jawab Pemprov dan Kemenhub," jelas Dewa.

3. Truk yang melintas dalam kota harus memiliki area parkir

Truk Masih Masuk Kota, Pj Wako Palembang Akan Temui MenhubIllustrasi truk

Tujuan Pemkot Palembang ingin meminta area parkir tambahan untuk truk ODOL agar volume angkutan kendaraan berat yang melewati jalan umum dalam kota berkurang, dan kapasitas barang yang dibawa truk tidak melebihi aturan.

"Saya minta sebelum masuk Palembang harus ada area parkir, area terminal Karya Jaya memungkinkan. Makanya saya ingin memastikan ke Kemenhub agar Karya Jaya dipinjamkan dulu untuk parkir kendaraan besar," timpalnya.

4. Pj Wako Palembang berupaya truk tetap masik kota agar perekonomian tetap berjalan

Truk Masih Masuk Kota, Pj Wako Palembang Akan Temui MenhubIlustrasi truk (ddrlawyers.com)

Menurut pria kelahiran Ogan Ilir (OI) itu, langkah mengurangi volume truk ODOL masuk dalam kota dengan cara filter atau menyaring keluar masuk kendaraan.

"Kendaraan truk besar bisa diparkir di Karya Jaya dulu, sedangkan yang kecil boleh masuk agar perekonomian tetap berjalan," jelas dia. 

Baca Juga: Pelajar Tewas Terlindas Truk Saat Dorong Motor Temannya Mogok

Topik:

Berita Terkini Lainnya