TransMusi Berencana Sediakan Bus Listrik Bagi Warga Palembang

TransMusi berharap rencana itu terwujud paling lama 2023

Palembang, IDN Times - PT Trans Musi Palembang Jaya atau TMPJ berencana melakukan peremajaan armada. Perusahaan transportasi umum milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana membeli bus listrik sebagai fasilitas publik masyarakat.

"Wacana mengganti armada tentu ada, bisa saja bus listrik menggantikan opersional TM (Trans Musi) di Palembang," ujar Direktur Utama (Dirut) PT TMPJ, Antony Rais, Senin (28/6/2021).

1. Realisasi bus listrik masih dalam pembahasan anggaran

TransMusi Berencana Sediakan Bus Listrik Bagi Warga PalembangIlustrasi di dalam bus (ANTARA FOTO)

Antony mengatakan, pihaknya memang berencana mengganti transportasi umum TransMusi dengan bus listrik. Namun wacana operasional dan akomodasi tersebut masih dalam pertimbangan.

"Karena kita belinya ini menggunakan anggaran perusahaan juga, jadi ada pertimbangan lain untuk mengganti armada berbahan bakar minyak ke listrik," kata dia.

Baca Juga: Anies Baswedan Targetkan 100 Bus Listrik TransJakarta Beroperasi 2021

2. Wacanakan bus listrik terealisasi tahun 2023

TransMusi Berencana Sediakan Bus Listrik Bagi Warga PalembangAplikasi Teman Bus di Palembang (IDN Times/Dokumen)

Selain memberi kenyamanan angkutan umum bagi warga, kehadiran bus listrik diharapkan mampu memperbaiki kondisi udara. Sebab bus listrik lebih ramah terhadap lingkungan.

"Rencananya di 2023 nanti, diupayakan bisa terealisasi menyusul kota lain yang menjadi percontohan bus listrik," timpalnya.

3. Teman Bus Palembang mulai beroperasi sejak subuh

TransMusi Berencana Sediakan Bus Listrik Bagi Warga PalembangTransportasi Teman Bus di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski kehadiran bus listrik sudah dalam wacana, pihaknya hingga saat ini masih mengupayakan TransMusi secara maksimal. PT TMPJ memiliki 66 armada angkutan di empat koridor.

"TransMusi yang sekarang disebut Teman Bus terus kita operasionalkan dengan pembayaran non cash. Mulai subuh sampai jam 9 malam, ada 19 bus besar dan 2 cadangan aktif. Sedangkan bus kecil ada 40 unit dan 5 cadangan," tandas dia.

Baca Juga: Mengapa Mobil Listrik Punya Torsi Lebih Besar dari Mobil Bensin?

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya