Tertinggi Survei Pilwako Palembang, Ini Respon Ratu Dewa

Berdasarkan LKPI Ratu Dewa menerima 35,8 persen pemilih

Intinya Sih...

  • Ratu Dewa mendapat dukungan elektabilitas tertinggi sebagai Calon Wako Palembang 2024 menurut survei LKPI.
  • Hasil survei menunjukkan Ratu Dewa memiliki elektabilitas 35,8 persen dari jawaban spontanitas pemilih pertanyaan terbuka.
  • Pemilih Ratu Dewa berasal dari berbagai partai politik dengan popularitas dan akseptabilitas yang tinggi.

Palembang, IDN Times - Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Palembang, Ratu Dewa, merespon hasil survei Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) soal dirinya yang mendapat dukungan elektabilitas tertinggi sebagai Calon Wako Palembang 2024.

Menurut dia hasil survei tersebut seiring dengan mulai banyak partai politik (Parpol) yang menilai kinerja bakal Cawako Palembang periode selanjutnya, yakni Pemilihan Serentak tanggal 24 November mendatang.

"Mungkin partai-partai politik sedang melakukan survei penjaringan calon Wali Kota," ujarnya, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Profil Lengkap Ratu Dewa Pj Wali Kota Palembang

1. Ratu Dewa selalu siap melayani masyarakat dan bekerja baik

Tertinggi Survei Pilwako Palembang, Ini Respon Ratu DewaIlustrasi pembangunan Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketika disinggung mengenai apakah dirinya maju menjadi salah satu kandidat, Ratu Dewa menyebut masih ingin fokus memaksimalkan pekerjaan saat ini.

"Sekarang ini siap bekerja dan melayani masyarakat dengan baik, ramah, serta gerak cepat," timpalnya.

Ia memastikan bakal melayani masyarakat dan bertekad membawa Palembang jadi lebih baik lagi ke depan dengan menggandeng semua perangkat daerah.

“Perangkat Pemerintah Kota Palembang sampai ke tingkat RT yang saya pimpin sekarang ini siap bekerja dan melayani masyarakat dengan baik, ramah, serta gerak cepat," kata Dewa.

Dewa menyampaikan terima kasih karena responden survei memberikan penilaian positif terhadap kinerjanya. Dewa juga mengapresiasi semua pihak pendukung yang mendorong dirinya memperbaiki Palembang.

Baca Juga: Ratu Dewa Jabat Pj Wako Palembang, Ini Sederet Pekerjaan Rumah

2. Survei LKPI ambil sampel seribu responden dari 100 kelurahan

Tertinggi Survei Pilwako Palembang, Ini Respon Ratu DewaPJ Wako Palembang Ratu Dewa, meninjau ke Pasar Tradisional Lemabang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Survei LKPI yang berlangsung 26 Februari-5 Maret 2024 menggunakan metode sampel dan melibatkan 1.000 responden dari 100 kelurahan. Ratu Dewa mendapat elektabilitas 35,8 persen dari jawaban spontanitas pemilih pertanyaan terbuka.

Lewat metode penarikan sampel menghasilkan random sampling dengan margin of error sekitar 3,1 persen dan kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan responden dan semua peneliti lapangan mahasiswa.

Hasil pemilih Ratu Dewa menjadi yang tertinggi dari nama bakal Cawako Palembang 2024 lain seperti Fitrianti Agustinda sebesar 16,9 persen, Yudha Pratomo 2,5 persen, Nasrun Umar 1,4 persen, Charma Afrianto 1 persen, M Hidayat 0,5 persen, Mgs Syaiful Fadli 0,4 persen, Zaitun Mawardi Yahya 0,1 persen, Yulian Gunhar 0,1 persen, dan massa yang belum menentukan pilihan 41,3 persen.

3. Survei LKPI menyodorkan 21 nama bakal Cawako Palembang

Tertinggi Survei Pilwako Palembang, Ini Respon Ratu DewaTower Jembatan Ampera Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Kemudian dalam uji simulasi semi terbuka dengan menyodorkan 21 nama calon Wali Kota. Hasilnya, Ratu Dewa meraih 48,4 persen, Fitrianti Agustinda 25,3 persen, Nasrun Umar 2,5 persen, Yudha Pratomo 2,6 persen, Akbar Alfaro 2 persen , Charma Afrianto 1,2 persen, Ahmad Zulinto 1,1 persen, Mgs Syaiful Fadli 0,9 persen, Zaitun Mawardi Yahya 0,7 persen, M Hidayat 0,6 persen, Basyarudin Akhmad 0,5 persen, dan nama calon lainnya masih di bawah 0,5 persen. Serta massa yang belum menentukan pilihan ada 12,7 persen.

Sementara dari uji simulasi lima nama calon, Ratu Dewa tetap jadi kandidat terkuat dengan 52,6 persen dibandingkan nama-nama lainnya, seperti Fitrianti Agustinda 26,8 persen, Nasrun Umar /3,4 persen, Yudha Pratomo 2,6 persen, Charma Afrianto 1,6 persen, dan massa yang belum menentukan pilihan ada 13,0 persen.

Bahkan uji simulasi tiga nama calon Ratu Dewa 54,1 persen, Fitrianti Agustinda 27,6 persen, Nasrun Umar 3,8 persen, dan massa yang belum menentukan pilihan ada 14,5 persen.

Dari latar belakang, pemilih menjatuhkan pilihan kepada Ratu Dewa dipengaruhi tiga komponen. Faktor tersebut yaitu bisa membawa perubahan Palembang lebih baik dari bukti hasil kerja nyata dan perhatian pada rakyat, serta berpengalaman di pemerintahan dengan skors angka di atas 70 persen.

4. LKPI sebut Partai Gerindra bakal mendukung Ratu Dewa

Tertinggi Survei Pilwako Palembang, Ini Respon Ratu DewaPJ Wako Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Faktor tingkat kepuasan kinerja Ratu Dewa selama menjabat Pj Wako juga dinilai cukup optimal. Responden yang menyatakan sangat puas ada 8 persen, puas 74,6 persen, tidak puas 6 persen, tidak puas sama sekali 0,9 persen, lalu tidak tahu atau tidak jawab ada 10,5 persen.

Kemudian persentase tingkat popularitas dan akseptabilitas Ratu Dewa juga menjadi nomor satu. Popularitas Ratu Dewa disebut mencapai 88 persen dan akseptabilitas 98 persen.

Sementara untuk sebaran parpol bakal memajukan Ratu Dewa. Sejumlah partai unggul signifikan. Pemilih Ratu Dewa berasal dari akar rumput Partai Gerindra, PDI Perjuangan, PKB, NasDem, Partai Golkar, PAN, Partai Demokratm, dan PKS di angka lebih dari 60 persen.

Baca Juga: Ratu Dewa Diusul Pj Wako Palembang, Redam Revalitas Finda di Pilwako?

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya