Tak Sanggup Perbaiki Halte Bus, Pemkot Palembang Akui Butuh CSR

Dishub Palembang sanggup perbaiki 10 dari 20 halte rusak

Intinya Sih...

  • Pemkot Palembang janji perbaiki fasilitas umum, termasuk halte bus, dengan APBD 2024 sebesar Rp4,2 triliun.
  • Sebanyak 20 halte butuh perbaikan, namun baru 10 yang bisa diperbaiki menggunakan APBD.
  • Dishub Palembang mencari bantuan pihak ketiga dan CSR karena dana APBD terbatas untuk perbaikan halte.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menjanjikan perbaikan fasilitas umum (fasum), termasuk kerusakan sejumlah halte bus dan transportasi publik menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Namun dari rancangan APBD 2024 yang telah ditetapkan sebesar Rp4,2 triliun, Pemkot belum mampu memperbaiki kerusakan halte tersebut. Total halte bus yang butuh perbaikan sebanyak 20 unit, dan 10 di antaranya menggunakan APBD.

Baca Juga: Kasus Pelecehan Istri Pasien oleh Dokter di Palembang Jadi Penyidikan

1. Dishub Palembang masih mencari bantuan CSR

Tak Sanggup Perbaiki Halte Bus, Pemkot Palembang Akui Butuh CSRIlustrasi bus

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang, Aprizal Hasyim, mengakui Pemkot membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk memperbaiki kerusakan halte. Dishub saat ini sedang mencari dorongan CSR agar perbaikan halte segera dilakukan.

"Karena kondisinya yang perlu perbaikan dan renovasi, kami anggarkan dari APBD dan dari CSR," kata dia, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga: Spanduk Tumbangkan Rezim di Palembang Muncul Jelang Kedatangan Jokowi

2. Halte bus penunjang transportasi umum

Tak Sanggup Perbaiki Halte Bus, Pemkot Palembang Akui Butuh CSRTeman Bus. (Dok. Istimewa)

Pemkot masih mencari bantuan dari pihak ketiga karena dana APBD untuk perbaikan halte terbatas. Padah halte bus merupakan penunjang pengguna transportasi umum yang sekarang kondisinya menjadi sorotan publik.

"Halte ini butuh banyak bantuan CSR, dan sekarang kita lagi minta lagi untuk itu (dana CSR). Mengingat halte ini keberadaannya di tengah kota," ujarnya.

3. Perbaikan halte menyangkut tampilan wajah kota

Tak Sanggup Perbaiki Halte Bus, Pemkot Palembang Akui Butuh CSRTeman Bus. (Dok. Istimewa)

Sebelumnya Dishub telah membongkar 21 halte, antara lain di Jalan Perintis Kemerdekaan, RE Martadinata, AKBP Cek Agus, dan Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara. Pembongkaran itu sudah mendapatkan izin dari Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Palembang, Ratu Dewa.

"Instruksi Pak Dewa, perbaikan halte perlu dilakukan karena menyangkut tampilan wajah kota dan perlu mendapat perhatian," jelas dia.

4. Halte banyak berada di dekat instansi

Tak Sanggup Perbaiki Halte Bus, Pemkot Palembang Akui Butuh CSRKemenhub gencarkan pengawasan bus pariwisata. (Dok. Istimewa)

Ratu Dewa menambahkan, kebutuhan anggaran yang kurang dan terbatas bisa diatasi dari CSR, karena beberapa lokasi halte berada di depan instansi.

"Seperti universitas, pusat perbelanjaan, dan BUMN. Saya juga minta kegiatan tahun sebelumnya dilanjutkan lagi, untuk halte ini dilakukan perbaikan atau pembongkaran," jelas dia.

Baca Juga: Pemuda Palembang Suruh dan Rekam Bocah Penjual Piscok Onani

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya