Sumsel Sedia Mudik Gratis Hingga ke Medan dan Surabaya

Mudik gratis Sumsel ada 1.220 kuota dan dibuka 20 Maret 2024

Intinya Sih...

  • Pemprov Sumsel membuka 1.220 kuota mudik gratis lebaran 2024
  • Syarat utama peserta adalah berdomisili di Sumsel, pendaftaran online mulai 20 Maret
  • Calon pemudik harus menunjukkan STNK kendaraan aktif, total kuota terbagi untuk bus dan kereta api

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) menyosialisasikan pendaftaran mudik lebaran gratis. Pendaftaran mudik 2024 ini bakal dibuka pada 20 Maret mendatang. Bagi yang ingin ikut menjadi peserta mudik gratis, ada beberapa syarat yang ditentukan.

Pendaftaran mudik lebaran 2024 gratis dibuka online oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel. Berikut situs pendaftaran yang dapat diakses lewat dishub.sumselprov.go.id atau datang ke Kantor Dishub Sumsel, Jalan Kapten A Rivai nomor 51.

Baca Juga: Ditinggal Mawardi Maju Pilgub Sumsel, Deru: Tak Pernah Terpikir Pisah

1. Pemudik merupakan masyarakat domisili Sumsel

Sumsel Sedia Mudik Gratis Hingga ke Medan dan SurabayaIlustrasi pendaftaran mudik gratis (ANTARA FOTO)

Program mudik gratis lebaran Idul Fitri 2024 diluncurkan Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, dalam rangkaian Gerakan Mudik Gratis serentak di Sumsel (GMGSS) dengan syarat utama pemudik adalah masyarakat berdomisili di Sumsel.

"Hingga tujuh hari ke depan kami akan melakukan sosialisasi Gerakan Mudik Gratis ini ke masyarakat, dan mulai 20 Maret akan dibuka pendaftaran mudik gratis secara online," kata Kepada Dishub Sumsel, Arinarsa JS, Selasa (12/2/2024).

Baca Juga: Mawardi Yahya-Harnojoyo Pastikan Maju Pilgub Sumsel 2024

2. Pemudik wajib menunjukkan STNK aktif bagi pemilik kendaraan

Sumsel Sedia Mudik Gratis Hingga ke Medan dan SurabayaProgram mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (dok. Kemenhub)

Persyaratan bagi masyarakat yang ingin mengikuti Gerakan Mudik Gratis 2024, calon pemudik harus menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan aktif bagi yang memiliki kendaraan bermotor.

"Selain syarat berdomisili di Sumsel, masyarakat harus menunjukkan STNK kendaraan yang telah membayar pajak. Hal ini juga agar masyarakat juga patuh membayar pajak kendaraan," kata dia.

3. Tersedia 700 kursi moda transportasi bus

Sumsel Sedia Mudik Gratis Hingga ke Medan dan SurabayaProgram mudik gratis Kementerian Perhubungan. (Dok. Istimewa)

Total kuota yang dipersiapkan dalam gerakan Mudik Gratis Lebaran Idul Fitri 2024 sebanyak 1.220 kursi, dengan pembagian 700 kursi moda tranportasi bus dan 520 kursi untuk kereta api.

"Disediakan 18 bus, 10 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) tujuan dalam Provinsi Sumsel dan 8 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk tujuan Provinsi lainya," timpalnya.

4. Tersedia 5 rute perjalanan untuk provinsi Sumsel

Sumsel Sedia Mudik Gratis Hingga ke Medan dan SurabayaIlustrasi mudik

Kuota bus dalam provinsi memiliki 5 rute perjalanan, yakni Palembang - Lahat - Pagaralam - Pendopo, lalu Palembang - Lahat - Tebing Tinggi. Kemudian Palembang - Musi Banyuasin - Lubuk Linggau - Musi Rawas Utara. Lalu rute Palembang - Kayuagung - Belitang - Muara Dua dan Palembang - Muara Enim - Baturaja - Martapura - Muara Dua.

"Sedangkan untuk tujuan luar Provinsi lain yakni Palembang - Padang Sidempuan (Medan). Lalu Palembang - Kota Medan. Kemudian Palembang - Solok - Lubuk Basung (Padang), lalu Palembang - Solo dan Palembang - Surabaya," jelasnya

5. Masyarakat mendapatkan asuransi selama mudik gratis berlangsung

Sumsel Sedia Mudik Gratis Hingga ke Medan dan SurabayaDok Jasa Marga

Sedangkan untuk mudik gratis menggunakan kereta api, ada dua rangkaian kereta api yakni Palembang - Lubuk Linggau (Stasiun Akhir) dan Palembang - Tanjung Karang (Stasiun Akhir).

"Masyarakat akan mendapatkan asuransi selama perjalanan mudik sampai daerah tujuan. Asuransi itu bekerjasama Jasa Raharja," kata dia.

Baca Juga: Kejati Sumsel Tahan Notaris Penjual Mes Mahasiswa Aset Pemprov 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya