Stadion GSJ Palembang Jadi Venue Kualifikasi Piala Dunia 2026

Leg pertama Timnas Indonesia vs Brunei pada 12 Oktober 2023

Palembang, IDN Times - Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang ditetapkan FIFA menjadi venue pertandingan leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Info tersebut sudah diterima pengelola PT Jakabaring Sport City (JSC) langsung dari PSSI.

"Untuk laga Leg pertama putaran satu Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia versus Brunei Darusallam, kita sebagai pengelola Stadion GSJ sudah mendapatkan info lisan dari PSSI, dan kita ditunjuk menjadi tuan rumah pada 12 Oktober 2023," ujar Dirut PT JSC, Meina Fatriani Paloh, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: Timnas Indonesia Jumpa Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026

1. Stadion GSJ Palembang sudah bertaraf internasional

Stadion GSJ Palembang Jadi Venue Kualifikasi Piala Dunia 2026Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pengelola PT JSC sudah menyiapkan venue agar saat pertandingan berlangsung tidak ada kendala. Stadion GSJ Palembang pun rutin dirawat, apalagi stadion kebanggaan masyarakat Sumsel ini juga sudah dikategorikan sebagai venue internasional.

"Perawatan rumput lebih ekstra, selebihnya kita merawat yang sudah ada, karena memang stadion kita ini sudah taraf internasional untuk piala dunia," kata dia.

Baca Juga: FIFA Luncurkan Logo Piala Dunia 2026

2. Perawatan ekstra rumput Stadion GSJ Palembang

Stadion GSJ Palembang Jadi Venue Kualifikasi Piala Dunia 2026Dirut JSC Palembang, Meina Fatriani Paloh (IDN Times/Feny Maulia Agustin

Stadion GSJ kembali menjadi homebase Sriwijaya FC di Liga 2 Indonesia, sehingga persiapan yang dilakukan tinggal menjaga kebersihan stadion. Selain itu dua hari sebelum Timnas bertanding, stadion juga dipakai untuk laga Sriwijaya FC versus PSPS Pekanbaru pada 10 Oktober.

"Makanya kita ekstra untuk perawatan rumput sehingga pada 12 Oktober nanti rumput tetap baik seperti biasa," jelasnya.

3. Sempat dijadwalkan di Stadion GBK

Stadion GSJ Palembang Jadi Venue Kualifikasi Piala Dunia 2026Renovasi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang (IDN Times/Pu Perkim Sumsel)

Sebelumnya, pertandingan Indonesia versus Brunei Darusallam dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun dari laman resmi FIFA pada Rabu (23/9/2023), venue pertandingan dipindahkan ke Stadion GSJ Palembang.

"Kita selaku pengelola  GSJ hanya melakukan persiapan. Semua keputusan dan penunjukkan merupakan wewenang PSSI dan FIFA," kata dia.

Baca Juga: Jalan Panjang Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya