Semua Jemaah Haji Gelombang 1 Embarkasi Palembang Tiba di Tanah Air

PPIH bersiap menyambut kepulangan jemaah haji gelombang 2

Intinya Sih...

  • Seluruh jemaah haji gelombang 1 telah tiba di Tanah Air, terbagi dalam dua gelombang keberangkatan.
  • 4.039 orang jemaah haji Embarkasi Palembang sudah kembali ke Tanah Air, dengan rincian asal Sumsel, Bangka Belitung, dan petugas kloter.
  • Pemulangan jemaah haji gelombang kedua dari Madinah telah dimulai, dengan kloter pertama yang berjumlah 443 jemaah asal OKU Timur menggunakan 11 bus menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah.

Palembang, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatra Selatan (Kanwil Kemenag Sumsel), Syafitri Irwan, sekaligus Ketua Penyelenggara Panitia Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, menyampaikan seluruh jemaah haji gelombang 1 telah tiba di Tanah Air.

"Semua kloter keberangkatan gelombang satu sudah tiba keseluruhan kemarin (3/7/2024). Mereka berangkat dua gelombang, kloter 1-9 di gelombang pertama dan kloter 10-19 di gelombang kedua," ujarnya, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Jemaah Haji Embarkasi Palembang Wafat Bertambah Jadi 23 Orang

1. Sebanyak 2.888 jemaah asal Sumsel tiba di Palembang

Semua Jemaah Haji Gelombang 1 Embarkasi Palembang Tiba di Tanah AirJemaah Haji di Asrama Haji (Dok. Kemenag)

Kantor Kemenag Sumsel mencatat pemulangan jemaah haji Embarkasi Palembang terakhir untuk keberangkatan gelombang pertama sudah 4.039 orang.

"Rinciannya, 2.888 jemaah asal Sumsel, 1.106 jemaah asal Bangka Belitung, dan 45 petugas kloter," kata dia.

Baca Juga: Kloter 7 Haji Tiba di Palembang, 2 Jemaah Termuda Ikut Pulang

2. Bersiap pemulangan haji gelombang kedua

Semua Jemaah Haji Gelombang 1 Embarkasi Palembang Tiba di Tanah AirSuasana jemaah Haji (kemenag)

Berdasarkan siaran pers yang diterima IDN Times, Daerah Kerja (Daker) Haji Indonesia di Madinah telah memulangkan jemaah haji gelombang kedua dari Madinah. PPIH daerah diminta bersiap menyambut kedatangan jemaah kloter selanjutnya.

"Jemaah kloter PLM-10 Embarkasi Palembang mengawali kepulangan jemaah haji gelombang II di Madinah," ujar Kepala Daker Madinah, Ali Machzumi.

3. Kloter 10 sebagai rombongan pertama dari gelombang kedua yang pulang

Semua Jemaah Haji Gelombang 1 Embarkasi Palembang Tiba di Tanah AirSuasana Jabal Rahmah jelang Wukuf di Arafah, Sabtu (15/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Total 443 jemaah asal OKU Timur dari Embarkasi Palembang diberangkatkan menggunakan 11 bus menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah, dan pemulangan ke Tanah Air perdana gelombang kedua ini dari Arjawan Al Saadah sekitar pukul 23.30 waktu Arab Saudi.

"Kloter PLM-10 ini merupakan kloter pertama yang akan kembali ke Tanah Air setelah kurang lebih selama 9 hari berada di Madinah," kata dia.

Baca Juga: 450 Jemaah Asal Babel Tiba di Palembang, 1 Orang Wafat di Makkah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya