Sambut Akhir Tahun, Lampu Hias Tempat Rekreasi Palembang Diganti

Pemkot prioritaskan 3 lokasi penambahan lampu hias

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai mengganti dan memperbaiki fasilitas lampu hias di sejumlah tempat rekreasi menyambut akhir tahun 2022. Selain itu, menambah lampu hias di sejumlah lokasi publik prioritas di Bumi Sriwijaya.

"Tempat prioritas pemasangan dan penambahan lampu hias taman ada di Benteng Kuto Besak (BKB), Kambang Iwak, dan depan Museum SMB II," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Palembang Afan Prapanca Mahilli, Senin (7/11/2022).

1. Pemasangan lampu taman hias demi menarik wisatawan ke Palembang

Sambut Akhir Tahun, Lampu Hias Tempat Rekreasi Palembang DigantiKepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Pera KP) Palembang Affan Pranfanca Mahali (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Perbaikan fasilitas lampu taman hias dilakukan Pemkot Palembang ditargetkan rampung pertengahan Desember 2022. Tujuannya saat pergantian tahun masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas yang tersedia.

"Selain untuk keindahan, pemasangan ini untuk menambah daya tarik wisatawan di kawasan BKB terutama merapikan Tugu Ikan Belido yang mengarah ke Sungai Musi," kata dia.

2. Lampu taman hias di Palembang sering dicuri masyarakat

Sambut Akhir Tahun, Lampu Hias Tempat Rekreasi Palembang DigantiPlasa BKB (Instagram.com/_jackpohotos)

Penambahan lampu dilakukan Pemkot tiap akhir tahun. Namun karena masih banyak masyarakat melakukan tindak pencurian lampu hias di lokasi-lokasi rekreasi, Pemkot harus menganggarkan dana khusus pemasangan.

"Tapi kita harus akui masih sering lampu-lampu hias tugu ini banyak yang rusak dan dicuri," ungkapnya.

3. Pemkot Palembang bangun pos pengamanan di dekat Tugu Belido

Sambut Akhir Tahun, Lampu Hias Tempat Rekreasi Palembang DigantiKawasan Benteng Kuto Besak di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Affan mengatakan, untuk mengantisipasi agar lampu taman dan lampu hias Tugu Ikan Belido di kawasan BKB tetap terjaga, Pemkot telah dibangun pos pengamanan petugas jaga Satgas Perkimtan bekerjasama dengan Satpol PP.

"Pos Satgas Perkimtan dan Satpol PP sudah kami bangun agar keindahan kawasan BKB dan Tugu Ikan Belido ini tetap terjaga dan rapi. Sedangkan pompa air mancurnya juga sedang diperbaiki oleh tim PDAM," jelas dia.

4. Anjungan Kambang Iwak Palembang bakal diresmikan tahun baru 2023

Sambut Akhir Tahun, Lampu Hias Tempat Rekreasi Palembang DigantiIDN Times/Feny Maulia Agustin

Taman Kambang Iwak akan dilakukan penataan kawasan dan pembangunan air mancur didesain menggunakan lampu hias menari menggunakan teknologi digital. Lalu normalisasi kolam akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum.

"Penataan anjungan di seputar kolam air mancur dibantu dari CSR Bank Sumsel Babel dan akan diresmikan pada malam Tahun Baru 2023. Kami berharap bisa melapor ke Perkimtan jika ada yang ketahuan mencuri lampu hias," katanya.

Baca Juga: Naik Lagi, Palembang Wilayah Paparan Kasus COVID-19 Tertinggi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya