RSUD Bari Layani Periksa Jantung dan Katarak Gratis di Jakabaring

Layanan kesehatan gratis menyasar warga menengah ke bawah

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kota Palembang menggelar cek kesehatan gratis dan perayaan HUT RS Bari dan Kota Palembang.
  • RS Bari memberikan layanan medis di luar rumah sakit, termasuk pemeriksaan jantung, katarak, THT, stunting, dan konsultasi gizi.
  • Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan diharapkan dapat berkelanjutan serta mengedukasi warga sekitar.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar cek kesehatan gratis khusus penyakit jantung dan katarak lewat layanan tenaga medis dari Rumah Sakit (RS) Bari, Kamis (27/6/2024). Kegiatan tersebut sekaligus jadi momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 RS Bari dan HUT Kota ke-1341 Palembang.

"Pemeriksaan medical check up (MCU) untuk deteksi jantung, screening katarak, dan pemeriksaan THT serta stunting," ujar Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Palembang, Ucok Abdulrauf Damenta, melalui siaran pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Disdik Palembang Pastikan PPDB 2024 Tanpa Rekayasa

1. Layanan kesehatan gratis juga berupa konsultasi gizi

RSUD Bari Layani Periksa Jantung dan Katarak Gratis di JakabaringPj Wako Palembang, Ucok Abdulrauf (Dok. Kominfo Palembang)

Pelayanan kesehatan gratis oleh Pemkot dan RS Bari Palembang berlangsung di Kantor Camat Jakabaring. Kegiatan ini dilakukan di luar rumah sakit sebagai program penjemputan bola bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan screening.

"RS Bari juga melakukan konsultasi gizi dan memberikan makanan tambahan seperti roti, bubur, dan snack kepada anak-anak sebagai upaya penanganan stunting," kata dia.

Baca Juga: Pj Wako Palembang Ucok Abdul Rauf Janjikan Penerangan di Pasar 16 Ilir

2. Layanan kesehatan gratis akses penting agar masyarakat berkualitas

RSUD Bari Layani Periksa Jantung dan Katarak Gratis di JakabaringLayanan kesehatan gratis oleh Pemkot Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Ucok menyampaikan, rangkaian pemeriksaan kesehatan gratis terhadap masyarakat sekitar merupakan wujud nyata dan komitmen Pemkot dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejateraan masyarakat, terutama bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

"Saya apresiasi RSUD Bari yang melakukan ini, sebagai langkah penting untuk masyarakat kita agar memiliki akses kesehatan berkualitas," timpalnya.

3. Masyarakat diminta manfaatkan pelayanan kesehatan gratis

RSUD Bari Layani Periksa Jantung dan Katarak Gratis di JakabaringPj Wako Palembang Ucok Abdulrauf (Dok. Kominfo Palembang)

Tak hanya membentuk kesehatan masyarakat berkualitas, Ucok berharap kegiatan layanan kesehatan gratis bisa berkelanjutan dan mengedukasi warga setempat, khususnya mengenai pentingnya deteksi dini untuk kesehatan tubuh.

"Kami berharap masyarakat memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya dan saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini," kata dia.

4. Pemeriksaan layanan gratis sistem jemput bola

RSUD Bari Layani Periksa Jantung dan Katarak Gratis di JakabaringLayanan kesehatan gratis (dok. Kominfo Palembang)

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari Palembang, Makiani menambahkan, kegiatan layanan kesehatan gratis memang sengaja berlangsung di luar RS Bari agar pelayanan langsung menyasar masyarakat.

"Kita membawa alat-alat untuk screening, misalnya ada pasien yang terkena katarak dan harus operasi maka akan kita kirim ke RSUD Bari, begitu juga dengan jantung apabila saat screening ini ditemukan kelainan pada pasien maka akan kita tindak. Namun apabila aman tidak ada kelainan maka akan kita berikan edukasi," jelasnya.

Baca Juga: Palembang Butuh Penerangan di 30 Ribu Titik, Pemkot Kekurangan Dana

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya