Revitalisasi Rusun  Palembang Terkendala Biaya dan Butuh Investor

Revitalisasi rusun Palembang diperkirakan butuh Rp400 miliar

Intinya Sih...

  • Pemkot Palembang menarget revitalisasi rusun 24 Ilir akhir 2024
  • Revitalisasi membutuhkan dana besar Rp400 miliar dan bantuan investor
  • Belum ada kejelasan pendanaan dari APBD Palembang maupun Pemprov Sumsel

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mewacanakan revitalisasi rumah susun (Rusun) di kawasan 24 ilir. Walau target pengerjaan proyek berlangsung Desember 2024, namun rencana tersebut mengalami hambatan karena anggaran dan biaya yang tinggi.

"Revitalisasi ini membutuhkan dana besar mencapai Rp400 miliar untuk pembagunan rusun 20 tingkat, belum lagi pembaruan fasilitas seperti jogging track, musala, dan kawasan wisata yang diperkirakan membutuhkan dana triliunan," ujar Pimpinan Proyek Perumnas Sumatra Selatan (Sumsel), Andrean Eka Lucianto, Jumat (19/7/2024).

Baca Juga: Revitalisasi Rusun Palembang Ditarget Mulai Akhir Tahun 2024

1. Perumnas Sumsel dan Pemkot Palembang gencar cari investasi

Revitalisasi Rusun  Palembang Terkendala Biaya dan Butuh InvestorIlustrasi perbaikan infrastruktur

Revitalisasi Rusun di kawasan 24 Ilir dapat terealisasi apabila Pemkot Palembang dan pihak Perumnas Sumsel mendapat bantuan investor. Kedua belah pihak gencar mempromosikan proyek tersebut untuk mendapatkan investasi dari pihak ketiga.

"Kita mengharapkan ada investor yang bisa membantu pembagunan rusun, sehingga kami bisa fokus pada pembangunan fasilitas," kata dia.

Baca Juga: Perumnas Berencana Ubah Rusun 26 Ilir Palembang Jadi Apartemen

2. Rusun 24 Ilir di Palembang memiliki luas lahan lebih dari 12 hektar

Revitalisasi Rusun  Palembang Terkendala Biaya dan Butuh InvestorIlustrasi rumah susun layak huni

Pendanaan revitalisasi proyek tersebut hingga saat ini belum bisa dipastikan, karena belum ada kejelasan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Palembang maupun Pemprov Sumsel.

"Rusun 24 ilir memiliki luas lahan 12 hektar lebih dengan 50 tower, dan jumlah penduduk yang tinggal mencapai 4 ribuan orang," timpalnya.

Langkah revitalisasi kawasan Rusun kata dia, merupakan program positif untuk penataan kota lebih estetik dan tidak terkesan kumuh. Namun tak bisa dipungkiri, rencana itu membutuhkan dana besar.

3. Perumnas Sumsel menunggu kepastian dana pembangunan

Revitalisasi Rusun  Palembang Terkendala Biaya dan Butuh InvestorIlustrasi rusun layak huni

Andrean menyampaikan, keinginan revitalisasi dari Pemkot direncanakan berkonsep river side, yakni bangunan yang menyatu dengan sungai. Kemudian nantinya ada Plaza untuk berkumpul, tempat jalan kaki, serta lokasi olahraga lari.

"Kami masih menunggu investor dan APBD kota atau pemprov. Perumnas tidak mampu membangun sendiri. Sejauh ini apakah sudah dikomunikasikan dengan legislatif terkait produk hukumnya juga belum tahu," jelas dia.

Baca Juga: Warga Palembang Diminta Pasang Bendera Mulai 22 Juli 2024

Topik:

Berita Terkini Lainnya