Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Rampung Lebih Lama 

Pemkot Palembang baru merestorasi 120 meter dari 11 Km

Palembang, IDN Times -Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus memantau perkembangan pekerjaan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang yang ditarget selesai pada tahun 2021 mendatang.

"Masih berjalan prosesnya (restorasi) karena baru mulai akhir 2019, sekarang yang direstorasi baru sepanjang 120 meter dari total panjang keseluruhan 11 (KM)," kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani, Selasa (4/2).

1. Dinas Pariwisata Palembang akan tambah ornamen di sekitar Sungai Sekanak

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Rampung Lebih Lama Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Isnaini mengatakan, Sungai Sekanak Lambidaro Palembang nantinya akan ditata khusus agar banyak perahu kecil yang melintas. Jadi, rencana sebagai destinasi wisata kuliner dan menjadi tempat transaksi jual beli beli dapat terlaksana.

"Di sini juga dihiasi berbagai ornamen, salah satunya jembatan penyeberangan yang dibangun lebih tinggi, sehingga memungkinkan kapal-kapal ukuran kecil untuk melintas," kata dia.

2. Finishing restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang bakal molor

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Rampung Lebih Lama Penampakan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Isnanini mengungkapkan, pengerjaan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang sejauh ini baru berjalan sekitar 10 persen. Kemungkinan proses penyelesaian akan rampung lebih lama.

"Target awal akhir 2021 selesai, tapi se iring dengan pengerjaannya, kami kira baru bisa rampung keseluruhan pada tahun 2022, sekaligus nanti bertepatan pada saat HUT Palembang," ungkap dia.

3. Sudah mulai dilirik pihak ketiga untuk investasi

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Rampung Lebih Lama Pengerjaan penambahan ornamen di sisi Sungai Sekanak Palembang oleh petugas (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kendati pengerjaan restorasi masih awal, sambung Isnani, lokasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang sudah mulai di lirik pihak ketiga yang ingin berinvestasi.

"Promosi harus sudah mulai, sejauh ini sudah mulai di lirik pihak ketiga. Memang belum pasti, namun ini jadi peluang investasi jasa yang potensial. Makanya Sungai Sekanak akan dibangun ciri khas pasar terapung," kata Isnaini.

Dalam waktu dekat, Sungai Sekanak Lambidaro Palembang juga bakal kembali dipercantik dengan penambahan kursi dan payung.

"Ada aksesoris tambahan lagi, kita kan merencanakan venice from the east. Optimistis terealisasi," sambung dia.

Baca Juga: Pembangunan Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Mundur, Ini Alasannya

4. Wali Kota Palembang sebut restorasi Sungai Sekanak sudah tahap land clearing

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Rampung Lebih Lama Wali Kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Wali Kota Palembang, Harnojoyo menambahkan, saat ini proyek restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro telah memasuki tahap land clearing. Proses ganti rugi lahan dan bangunan rumah warga yang tinggal di tepian sungai sudah kelar.

"Harapannya, nanti dapat kembali dimanfaatkan sebagai jalur transportasi sungai, dengan sedikitnya ada 18 titik jembatan yang akan direnovasi. Karena ingin kita menghidupkan kembali sektor pariwisata sungai," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya