Rektor Unsri Tegaskan Tak Ada Deklarasi Kebangsaan: Jaga Keharmonisan

Rektorat mendorong civitas menjaga situasi tetap kondusif

Intinya Sih...

  • Rektor Unsri membantah adanya Deklarasi Kebangsaan yang diselenggarakan dosen kampus.
  • Pihak kampus mengeluarkan surat edaran untuk menjaga keharmonisan dan netralitas di tengah politik nasional jelang Pemilu 2024.
  • Surat edaran Rektorat Unsri berisi lima poin imbauan agar bersikap netral, menjaga kondusif, dan menghindari penyebaran informasi palsu.

Palembang, IDN Times - Kabar Deklarasi Kebangsaan yang diselenggarakan dosen Universitas Sriwijaya (Unsri), dibantah oleh Rektor Taufiq Marwa.

Pihak kampus Unsri menegaskan tak ada rencana gerakan bertema 'Deklarasi Kebangsaan Forum Dosen Unsri untuk Konstitusi dan Demokrasi Beradab Serta Bermartabat'  yang berlangsung Senin (5/2/2023) pukul 14.00 WIB tersebut.

Baca Juga: Kawal Demokrasi, Unesa Deklarasi Pernyataan Sikap Bersama Guru Besar

1. Unsri komitmen menjaga keharmonisan

Rektor Unsri Tegaskan Tak Ada Deklarasi Kebangsaan: Jaga KeharmonisanUniversitas Sriwijaya

Pihak kampus mengeluarkan surat edaran agar semua pihak tidak terprovokasi. Rektor Unsri, Taufiq Marwa, menyampaikan agar seluruh komponen kampus menjaga keharmonisan dan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas akademik.

"Dalam situasi yang sedang terjadi akhir-akhir ini terkait politik nasional menjelang Pemilu 2024, sebaiknya kita jaga keharmonisan dan integritas pendidikan," ujarnya melalui siaran pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Civitas Akademika UPI Bakal Gelar Seruan Agar Pemilu 2024 Bisa Netral 

2. Rektor Unsri minta civitas menjaga persatuan dan kesatuan

Rektor Unsri Tegaskan Tak Ada Deklarasi Kebangsaan: Jaga KeharmonisanUniversitas Sriwijaya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pihak Rektorat Unsri juga sudah menyebar surat edaran yang berisi lima poin imbauan agar bersikap netral, serta berkomitmen menjaga suasana kondusif.

"Saya harap agar kita semua menjadi insan akademis yang menjadi pelopor masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua dalam mengemban tugas dan fungsi di berbagai lini," kata Taufiq.

3. Daftar poin imbauan Rektorat Unsri

Rektor Unsri Tegaskan Tak Ada Deklarasi Kebangsaan: Jaga KeharmonisanUniversitas Sriwijaya batal deklrasi penolakan pemerintahan Jokowi (Dok. IDN Times)

Berikut surat edaran yang berisi imbauan dari Rektorat Unsri:

1. Saya mengajak kita semua untuk senantiasa menjaga suasana kondusif dalam lingkungan Universitas Sriwijaya (RUMAH KITA BERSAMA) dengan mengedepankan keharmonisan dan menjunjung tinggi asas netralitas.

2. Mari kita dengan sungguh-sungguh menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecahbelah persaudaraan.

3. Seluruh komponen warga Universitas Sriwijaya agar senantiasa dapat menjunjung tinggi asas dan norma yang berlaku, selalu menunjukkan sikap positive thinking dalam menerima berbagai informasi yang beredar, serta selalu dapat menghindari penyebaran informasi yang belum tentu kebenarannya (harus berdasarkan pada data dan informasi yang sahih/valid).

4. Mari kita selalu dapat menjaga suasana sejuk dan damai di lingkungan Universitas Sriwijaya, menunjukkan sikap yang saling menghormati, dapat menerima, dan menghargai bila terdapat perbedaan termasuk perbedaan dalam pilihan politik.

5. Dalam kerangka menjaga keutuhan dan keharmonisan Universitas Sriwijaya (RUMAH KITA BERSAMA), saya mengajak seluruh komponen Universitas Sriwijaya untuk selalu dapat memperkuat tali silaturrahmi dan menjaga persaudaraan diantara kita untuk mencapai kejayaan dan kecemerlangan kita bersama.

Baca Juga: Susul UGM dan UII, UMY Kritik Pemerintahan Presiden Jokowi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya