Proses Latihan Paskibraka Sumsel Dijamin Tanpa Perploncoan

Anggota paskibraka memang dituntut miliki fisik yang kuat

Palembang, IDN Times - Wakil Ketua Koordinator Paskibraka Sumatera Selatan (Sumsel), Hunce Hamzah menyatakan, selama proses latihan anggota paskibraka, pihaknya tidak pernah menerapkan pola perploncoan terhadap anggota.

Hal tersebut, diungkapkan Hunce terhadap meninggalnya anggota Paskibraka Tanggerang, Aurellia Qurrota Ain.

"Memang pelatihan paskibraka ini dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Mungkin pengaruh kelelahan juga. Tapi yang jadi catatan, sejak reformasi tidak ada lagi perploncoan dalam latihan dan kami memberikan pemahaman bahwa latihan adalah kegiatan rutin didukung dengan fisik yang kuat," katanya saat mengawasi Paskibraka Sumsel latihan di Griya Agung, Senin (5/8).

1. Panitia selalu kontrol selama proses latihan

Proses Latihan Paskibraka Sumsel Dijamin Tanpa PerploncoanIDN Times/Feny Maulia Agustin

Hunce mengatakan, pihaknya selalu mengontrol dan memantau kejadian di lapangan, untuk menghindari adanya praktik-praktik perploncoan kepada anggota paskibraka.

"Di Sumsel kami kontrol, seluruh pelatih kami undang rapat untuk menyamakan persepsi, bahwa tidak ada lagi perploncoan, apalagi pelatihan yang keras. Kami juga berikan buku panduan, di belakang ada notes (tidak diwajibkan menulis) diakhir kegiatan kami beri mereka dokumentasi kegiatan mereka," katanya.

2. Rutinitas Paskibraka Sumsel dimulai dari subuh

Proses Latihan Paskibraka Sumsel Dijamin Tanpa PerploncoanIDN Times/Feny Maulia Agustin

Hunce menceritakan, rutinitas yang dilakukan anggota paskibraka setiap hari itu dimulai sejak subuh. Bangun tidur pukul 05.00 WIB dilanjutkan Salat Subuh, kemudian olahraga pagi, sarapan, kemudian latihan lapangan sampai pukul 12.00, WIB.

"Setelah itu istirahat makan dan salat, pukul 14.00 WIB latihan lagi sampai pukul 15.00 WIB rehat, untuk makan snack (memenuhi kalori 4500 sehari). Anggota paskibraka ini juga diberi vitamin 3-4 hari pada malam hari menjelang tidur," jelasnya.

Baca Juga: Seragam Putri Paskibraka Sumsel Harus Dijahit Ulang, Ini Alasannya   

3. Latihan paskibraka Sumsel tetap memperhatikan stamina anggota

Proses Latihan Paskibraka Sumsel Dijamin Tanpa PerploncoanIDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Wakil Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Sumsel Mauludin mengatakan, anggota Paskibraka Sumsel memang diminta tetap menjaga kesehatan, agar tidak terlalu mengalami rasa lelah.

"Adanya kabar duka menyangkut paskibraka di Tangerang, jadikan pelajaran kami di sini. Makanya, kami tidak terlalu memorsir latihan dan tentunya tidak ada namanya body fisik karena tidak diperbolehkan juga," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya