Profil Fitrianti Agustinda, Calon Wako Palembang dari Partai Golkar

Finda merupakan Wawako pertama perempuan di Palembang

Intinya Sih...

  • Fitrianti Agustinda, kandidat Bacalon Wako Palembang periode 2024-2029, pernah menjabat sebagai Wakil Wako Palembang pada Pilkada 2018.
  • Finda mendaftar Bacalon Wako dari Partai Golkar meski menjabat Ketua DPD Partai Nasdem Palembang dan aktif dalam PMI.
  • Ia memiliki latar belakang pendidikan di Universitas Muhammadiyah Palembang, karier di PT Telkomsel, dan pernah menjadi anggota DPRD Palembang.

Palembang, IDN Times - Fitrianti Agustinda atau sering disapa Finda, merupakan salah satu kandidat bakal calon Wali Kota (Bacalon Wako) Palembang periode 2024-2029. Meski menjabat sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Palembang, Finda tetap mendaftar pencalonan dari Partai Golkar.

Finda sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Wako Palembang pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) periode 2018. Kala itu, ia berpasangan dengan Harnojoyo.

Kini Fitrianti Agustinda telah memantapkan diri untuk maju jadi calon orang nomor satu di Palembang lewat Pemilihan Serentak Kepala Daerah yang akan berlangsung November mendatang.

Baca Juga: ESP Ambil Formulir di PDI Perjuangan untuk Pilgub Sumsel

1. Finda merupakan lulusan Fakultas Hukum

Profil Fitrianti Agustinda, Calon Wako Palembang dari Partai GolkarFitrianti Agustinda (Instagram/Fitri_Agustinda)

Meski masih menjabat Ketua DPD Partai Nasdem Palembang, Finda mendaftar Bacalon Wako dari partai lain dengan harapan Golkar dan Nasdem bisa bersatu dan maju kontestasi Pilkada.

Pernah menjadi bagian dari politikus PDI Perjuangan, wanita lulusan Fakultas Hukum ini pernah dinobatkan sebagai perempuan pertama yang memegang posisi wakil kepala daerah Palembang.

Baca Juga: Tampung Masukan Warga, Heri Amalindo Adopsi Program Alex Noerdin

2. Finda masih menjadi Ketua PMI Palembang

Profil Fitrianti Agustinda, Calon Wako Palembang dari Partai GolkarFitrianti Agustinda (Instagram/Fitri_Agustinda)

Selain menjadi Wawako di Kota Pempek, Finda juga berperan sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Palembang. Bahkan perempuan kelahiran 5 Agustus 1976 ini masih aktif mengampanyekan aspirasi wanita dan para ibu.

Sedari kecil ia menetap di Palembang. Fitri merupakan anak dari Hj. Ainun sekaligus adik kandung Almarhum Romi Herton, sosok politikus PDI Perjuangan yang pernah menjabat Wako Palembang.

Dikenal tegas dan pemberani, istri dari Dedi Sipriyanto dikenal konsisten sebagai pejabat daerah dan tidak pernah membedakan status. Sebelum terpilih menjadi Wawako Palembang, Finda juga aktif sebagai anggota DPRD Palembang.

3. Finda dikenal adik Romi Herton pertama kali

Profil Fitrianti Agustinda, Calon Wako Palembang dari Partai GolkarFitrianti Agustinda (Instagram/Fitri_Agustinda)

Finda pernah menempuh pendidikan di SD Negeri 100 Palembang tahun 1982-1988 dan melanjutkan di SMP Negeri 13 Palembang tahun 1988-1991. Setelah tamat SMP, ia sekolah di SMA Negeri 2 Palembang tahun 1991 sampai 1994.

Pasca lulus dari SMA Negeri 2, adik almarhum Romi Herton itu belajar di Universitas Muhammadiyah Palembang dan memilih Fakultas Hukum sebagai modal studi yang ia pelajari.

4. Pernah menjadi pegawai PT Telkomsel

Profil Fitrianti Agustinda, Calon Wako Palembang dari Partai GolkarFitrianti Agustinda (Instagram/Fitri_Agustinda)

Finda pernah bekerja sebagai karyawan PT Telkomsel selang dua tahun lulus kuliah. Ia meniti karier di sana mulai 2001 hingga 2004. Setelah tak lagi bekerja di sana, ia sempat menjadi Manager SPBU selama 10 tahun hingga 2014.

Sebelum menjadi Wawako Palembang, ia dipercaya menjadi pengurus PDI Perjuangan dan menjadi anggota DPRD Palembang selama dua tahun. Namun di tengah aktivitas menjadi anggota DPRD, ia dipercaya sebagai Dewan Pendidikan dan Ketua Umum PDBI.

5. Mendapat penghargaan wanita penuh aspirasi

Profil Fitrianti Agustinda, Calon Wako Palembang dari Partai GolkarFitrianti Agustinda (Instagram/Fitri_Agustinda)

Fitri berhasil mendapatkan penghargaan di acara Festival “Gapura Cinta Negeri” tahun 2019 dalam rangka menyambut HUT Ke-74 RI. Ia menjadi pelopor penerima program dari prestasi Gapura Terbaik Kategori Umum.

Ia juga mendapatkan penghargaan sebagai wanita penuh aspirasi dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kota Palembang, karena sosoknya yang rela memperjuangkan aspirasi dan hak perempuan.

Pada tahun 2018 pasangan Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda berhasil menjadi pemenang dari Pilkada Wako dan Wawako Palembang. Mereka menang dengan perolehan suara sebesar 351.240 atau diangka 47,46 persen.

Baca Juga: Yakin Survei Tinggi, Panca Wijaya Akbar Kembali Maju Pilkada Ogan Ilir

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya