Pemkot Siapkan Anggaran Rp9,5 Miliar Tahap Awal Flyover Simpang Sekip 

Tahapan dimulai dari pembebasan lahan seluas 750 meter

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengucurkan dana awal proyek pembangunan flyover Simpang Sekip. Kawasan proyek mulai dari Sekip Ujung yang membentang dari Jalan Jenderal Basuki Rahmat menuju jalan R. Soekamto, terbangun sepanjang 660 meter.

"Dana sudah digelontorkan dari APBD tahuh ini sebesar Rp9,5 miliar," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang, Ahmad Bastari Yusak kepada IDN Times, Jumat (28/5/2021).

1. Flyover Simpang Sekip masuk proyek nasional

Pemkot Siapkan Anggaran Rp9,5 Miliar Tahap Awal Flyover Simpang Sekip Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang Ahmad Bastari Yusak (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Dari dana tersebut, Pemkot bakal menggunakannya untuk pembebasan lahan tahap pertama. Berdasarkan rencana, dana itu untuk pembebasan lahan sebanyak tujuh persil seluas 750 meter persegi.

"Proyek ini termasuk ruas jalan nasional, serta sudah diprogramkan Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatra selatan (BBPJN sumsel) untuk mengurai kemacetan jalan," kata dia.

Baca Juga: BBPJN Sumsel Siapkan Rp251 Miliar Bikin Flyover Sekip 

2. Pemkot Palembang lakukan pembebasan lahan seluas 71 persil

Pemkot Siapkan Anggaran Rp9,5 Miliar Tahap Awal Flyover Simpang Sekip Ilustrasi fly over (IDN Times/istimewa)

Pembebasan lahan menggunakan dana sharing Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel, yakni dari 104 persil lahan yang harus dibebaskan terdapat empat persil milik Pemda yang tidak dihitung, serta 12 Persil yang tidak dinilai karena di luar peta sertifikat BPN.

"Sehingga hanya 88 persil lahan yang akan dibebaskan, dengan pembagian 17 persil dilakukan Pemkot Palembang dan 71 Persil akan dilakukan oleh Pemprov Sumsel," jelasnya.

3. Pengerjaan bakal mulai dilakukan November

Pemkot Siapkan Anggaran Rp9,5 Miliar Tahap Awal Flyover Simpang Sekip Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya pada 24 Mei 2021 lalu, Pemprov Sumsel telah membebaskan lahan sebanyak 16 persil menggunakan APBD tahun anggaran 2021 senilai Rp9,8 miliar.

"Pengerjaan baru akan dimulai November dengan target selama 16 bulan atau multiyears, dengan merampungkan pembayaran atas pembebasan lahan 100 persen diselesaikan," timpal dia.

4. Pengerjaan flyover Simpang Sekip memakan waktu 16 bulan

Pemkot Siapkan Anggaran Rp9,5 Miliar Tahap Awal Flyover Simpang Sekip Kepala BBPJN Sumsel, Kgs. Syaiful Anwar (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Kepala BBPJN Sumsel, Kgs Syaiful Anwar menambahkan, pembangunan pada November mendatang dimulai dengan tender. Sedangkan pengerjaan baru dimulai awal 2022 dengan nilai kontrak pengerjaan Rp250 miliar.

"November tender dulu, 2022 secepatnya baru kita jalanin. Lama pengerjaan akan multiyears 16 bulan dengan total anggaran Rp250 miliar," tandas dia.

Baca Juga: Flyover Sekip Hingga Underpass Charitas, Rencana Proyek Palembang 2021

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya