Pemkot Palembang Arahkan TPU COVID-19 Jadi Tempat Pemakaman Alternatif

Lahan di TPU Gandus Palembang baru terisi 30 persen

Intinya Sih...

  • TPU Gandus Palembang baru terisi 30 persen, sekitar 900 makam dari total 3000 makam yang tersedia
  • Pemkot Palembang menginstruksikan masyarakat untuk memanfaatkan TPU Gandus sebagai lahan pemakaman alternatif karena beberapa TPU lain sudah penuh
  • Lokasi TPU Gandus dianggap solusi tepat mengatasi keresahan masyarakat soal TPU yang sudah penuh, dengan lahan luas dan tidak terendam air meski hujan deras

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengintruksikan masyarakat untuk memanfaatkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus jenazah COVID-19 di Gandus. TPU khusus itu bisa digunakan sebagai lahan pemakaman alternatif.

"Beberapa TPU sudah penuh di Palembang, salah satunya TPU Kebun Bunga. Saya minta agar lahan pemakaman yang penuh ini diarahkan untuk memanfaatkan TPU Gandus karena banyak kosong," ujar Pj Sekda Palembang, Gunawan, Senin (15/1/2024).

Baca Juga: TPU Kebun Bunga Palembang Terendam Banjir Usai Hujan 5 Jam 

1. TPU Gandus Palembang solusi TPU yang sudah penuh

Pemkot Palembang Arahkan TPU COVID-19 Jadi Tempat Pemakaman AlternatifTPU Gandus Palembang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

TPU Gandus sebelumnya memang dibuka untuk mengubur jenazah yang terpapar COVID-19 sejak 2022, dan pemakaman tersebut dominan diisi jenazah COVID-19 karena instruksi penyediaan lahan khusus.

Seiring waktu, TPU yang berada di Gandus itu mulai dimanfaatkan beberapa warga sebagai lokasi pemakaman alternatif. Apalagi lahan di sana cukup luas hingga 5 hektar, sedangkan lahan di TPU lain mulai bertumpuk.

"Lokasi ini menjadi solusi yang tepat mengatasi keresahan masyarakat soal TPU yang sudah penuh," kata dia.

Baca Juga: 4.800 Meter Lahan TPU COVID-19 di Palembang Digusur untuk Proyek Tol

2. TPU Gandus Palembang baru terisi 900 makam

Pemkot Palembang Arahkan TPU COVID-19 Jadi Tempat Pemakaman AlternatifTPU Gandus Palembang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Berdasarkan laporan yang diterima Pemkot Palembang, TPU yang sudah penuh tidak hanya di Kebun Bunga. Lahan di TPU Kamboja pun banyak yang bertumpuk dan dalam satu lobang sudah beberapa kali penggalian untuk penguburan.

"Karena banyaknya laporan masyarakat, TPU Gandus alternatif terbaik. Lahan di TPU Gandus masih kosong sekitar 70 persen dan terisi baru 30 persen atau sekitar 900 makam," timpalnya.

3. Lahan TPU Gandus Palembang berada di dataran tinggi

Pemkot Palembang Arahkan TPU COVID-19 Jadi Tempat Pemakaman AlternatifTPU Gandus Palembang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Gunawan mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir untuk memanfaatkan lahan TPU Gandus, apalagi persepsi sejumlah warga masih menilai tempat pemakaman tersebut menjadi lahan khusus.

"Kita sama-sama sosialisasikan, diarahkan terus ke TPU Gandus, karena banyak yang sudah penuh namun masih dipaksakan," kata dia.

Pemkot memastikan selain memiliki lahan yang luas, TPU Gandus termasuk kawasan dataran tinggi sehingga pemakaman tidak terendam air saat hujan deras.

Baca Juga: 1.000 Lembar Surat Suara DPD RI Bengkulu Nyasar ke Musi Rawas Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya