Pedagang di Kambang Iwak Palembang Bakal Direlokasi

Pemkot janjikan penataan kawasan lebih nyaman

Intinya Sih...

  • Pemkot Palembang akan relokasi pedagang di sekitar Kambang Iwak dan aktifkan kembali sebagai lokasi Car Free Day (CFD).
  • Kawasan Kambang Iwak akan ditata ulang untuk olahraga, dilokalisir penjual makanan, dan diberi area parkir pengunjung.
  • Penataan kembali bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan kondusif serta meminimalisir kemacetan kendaraan.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bakal melakukan penataan kembali kawasan olahraga di Kambang Iwak (KI) dan merelokasi pedagang yang berjualan di sekitar lokasi tersebut, sebab lokasi di sana sudah tak lagi nyaman.

Kambang Iwak merupakan area olahraga di pusat kota Jalan Talang Semut, peninggalan kolonial Belanda. Namun seiring waktu, kawasan di sana perlahan beralih fungsi jadi lokasi jajanan warga Palembang karena banyak pedagang kaki lima yang menjajakan ragam makanan dan kuliner.

1. Lokasi CFD perlu dilakukan penataan agar lebih kondusif

Pedagang di Kambang Iwak Palembang Bakal DirelokasiPj Wako Palembang Abdul Ucok Abdulrauf mengunjungi Kambang Iwak (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Ucok Abdulrauf Damenta mengatakan, area Kambang Iwak akan diaktifkan kembali menjadi lokasi khusus Car Free Day atau CFD. Selain itu kawasan di sana juga akan dilakukan penataan infrastruktur lebih nyaman dan kondusif.

"Lokasi CFD di KI sudah terlalu padat sehingga diperlukan penataan kembali. Kita melihat CFD, sepertinya harus diperbaiki, jadi KI ini nanti hanya untuk olahraga," kata Ucok usai meninjau Kambang Iwak Palembang, Minggu (4/8/2024).

2. Pemkot rencanakan rute perjalanan khusus CFD di Kambang Iwak Palembang

Pedagang di Kambang Iwak Palembang Bakal DirelokasiPj Wako Palembang Abdul Ucok Abdulrauf mengunjungi Kambang Iwak (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Area Kambang Iwak selanjutnya tidak lagi dipenuhi para pedagang dan semua penjual kaki lima bakal relokasi ke kawasan alternatif yang telah dipilih Pemkot Palembang, sehingga lokasi CFD tak terganggu dengan keramaian pedagang.

"Khusus CFD dan nanti akan kita lokalisir untuk penjual makanan. Rute alternatif baru untuk dijadikan lokasi CFD mulai dari depan KFC KI, Jalan Mujahidin dan tidak menutup kemungkinan juga Jalan Sudirman. Jadi KI ini kita kembalikan fungsinya untuk olahraga," jelas dia.

3. Pemkot atur penataan parkir di Kambang Iwak Palembang

Pedagang di Kambang Iwak Palembang Bakal DirelokasiPj Wako Palembang Abdul Ucok Abdulrauf mengunjungi Kambang Iwak (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tak hanya lokalisir dan memindahkan pedagang ke belakang kawasan Kambang Iwak, area khusus CFD di Palembang ini juga akan dilakukan penataan untuk tempat parkir pengunjung. Penataan dilakukan upaya, meminimalisir kemacetan kendaraan.

"Parkir diatur, hari minggu kantor-kantor tutup, saya minta tolong pemilik kantor yang bukan dibawah kewenangan Pemkot agar membuka parkirnya. Untuk mengatur parkir nantinya juru parkir kita masukan kesitu," timpalnya.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya