PDAM Tirta Musi Palembang Setop Distribusi Air di Borang

Penyetopan air berlangsung selama 8 jam, Kamis (29/2/2024)

Intinya Sih...

  • PDAM Tirta Musi Palembang akan menyetop distribusi air selama 8 jam di Kawasan Borang dan Sako Kenten karena pemeliharaan unit produksi di IPA.
  • Pengerjaan pembersihan Reservoar dilakukan untuk menghilangkan endapan lumpur demi meningkatkan kualitas air bersih.
  • Pengurasan instalasi di Borang dilakukan untuk menjaga turbulensi mesin pengaliran air agar penyaluran dapat berjalan normal dan aliran air bersih tidak tersumbat kotoran.

Palembang, IDN Times - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang bakal menyetop distribusi air bersih sementara selama 8 jam di Kawasan Borang dan Sako Kenten.

"Penyetopan akan dilakukan Kamis, 29 Februari 2024 karena ada pemeliharaan unit produksi di Instalasi Pengelolaan Air (IPA)," ujar Direktur Teknik Perumda Tirta Musi Palembang, Muhammad Azarudin, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Tarif PDAM Tirta Musi Naik Rp500 Per Kubik Mulai Oktober 2023

1. Penyetopan air bersih berdampak ke 25 persen pelanggan

PDAM Tirta Musi Palembang Setop Distribusi Air di Borangilustrasi air panas (pexels.com/Hilary Halliwell)

Pengerjaan IPA di Borang akan berdampak pada 25 persen dari 35 ribu pelanggan PDAM Tirta Musi Palembang, dan proses pemeliharaan dilakukan untuk menghilangkan endapan lumpur.

"Pengerjaan pembersihan Reservoar rutin dilakukan per enam bulan sekali, demi meningkatkan kualitas air bersih dengan pengurasan instalasi secara bergilir untuk membuang endapan lumpur,” jelas dia.

Baca Juga: Kenaikan Tarif PDAM Tirta Musi Picu Inflasi di Palembang

2. Pemeliharaan instalasi dilakukan untuk mejaga turbulensi mesin air

PDAM Tirta Musi Palembang Setop Distribusi Air di Borangilustrasi air hangat (pexels.com/Pixabay)

Pengurasan instalasi di Borang wajib dilakukan untuk menjaga turbulensi mesin pengaliran air, agar penyaluran dapat berjalan normal dan aliran air bersih tidak tersumbat kotoran.

“Ini air distribusi pada pagi hari hingga sore, tapi kalau daerah yang biasa dialiri air bersih pada malam hari tidak akan begitu merasakan dampaknya,” katanya.

3. Minta pelanggan tampung air bersih sebelum distribusi disetop

PDAM Tirta Musi Palembang Setop Distribusi Air di Borangilustrasi air dingin (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Adapun daerah yang terdampak dari pengerjaan lebih kurang terkena ke 9.500 pelanggan yang tersebar di wilayah Unit Pelayanan Sako Kenten meliputi Jalan Jepang, PT SIG, Perum RSS A, Jalan Sematang Borang dan Griya Pondok Indah.

Termasuk Komplek Sako Garden 1,3. Kemudian, Sangkuriang, Griya Sejahtera, Terminal, Jalan Siaran, Komplek Pusri Sako, Jalan Juaro, Jalan Lebak Murni, Jalan Bakung, Jalan Komering, Jalan Ogan, Jalan Betawi dan Jalan Rawas.

"Lalu terdampak ke Jalan Raya sampai dengan Boombat, Jalan Indragiri, Jalan Kampar, dan Xaverius. Kami imbau bagi daerah yang terdampak untuk bisa menampung air. Pengerjaan berdampak paling lama 2×24 jam,” jelas dia.

Baca Juga: Biaya Instalasi Pengolahan Air Limbah Rp25 Juta Per Rumah di Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya