Palembang Perlu Guru Penggerak Keberhasilan Kurikulum Merdeka

Guru penggerak di sekolah membutuhkan pembaruan ilmu ajar

Palembang, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), mengintruksikan sistem pembelajaran baru Kurikulum Merdeka diterapkan di sekolah dan lembaga pendidikan.

Namun menurut Kepala Bidang SMP dari Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, Lukmannul Hakim, keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka tidak akan optimal apabila sekolah kekurangan guru penggerak.

"Program Guru Penggerak jadi solusi meningkatkan kemampuan tenaga pendidik memenuhi Kurikulum Merdeka Belajar, tetapi program Guru Penggerak di Palembang belum maksimal," ujarnya, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: Teluk Belango dan Batik Palembang Bisa Dijadikan Seragam Adat Sekolah

1. Peningkatan kualitas guru sebagai ujung tombak kegiatan belajar dan mengajar

Palembang Perlu Guru Penggerak Keberhasilan Kurikulum MerdekaANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Kebutuhan Guru Penggerak di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) berada di bawah tanggung jawab Disdik Palembang. Hal itu harus terwujud, karena tenaga pendidik disebut belum menerima pembaruan ilmu ajar.

"Selain siswa, Palembang perlu meningkatkan kualitas tenaga pendidiknya. Tenaga pendidik atau guru menjadi tombak utama dari kegiatan belajar mengajar," kata dia.

Baca Juga: 3 Cara Ini Dianggap Sukses Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar

2. Kurikulum Merdeka Belajar berkaitan dengan aspek profil Pelajar Pancasila

Palembang Perlu Guru Penggerak Keberhasilan Kurikulum MerdekaANTARA FOTO/Yusran Uccang

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar diharapkan bisa memulihkan ekosistem pendidikan di Indonesia, karena pembelajaran anak didik dinilai belum memiliki daya saing dan tidak ada perubahan sistem ajar.

"Konsep Merdeka Belajar berkaitan dengan profil Pelajar Pancasila dengan enam aspek yang perlu diperhatikan, meliputi kemauan untuk memimpin dan berinovasi," timpalnya.

3. Keberhasilan Kurikulum Merdeka Belajar harus didukung SDM berkualitas

Palembang Perlu Guru Penggerak Keberhasilan Kurikulum MerdekaIlustrasi siswa sekolah dasar belajar (IDN Times)

Kepala SMP Negeri 39 Palembang, Sukmaesi menambahkan, penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah secara umum belum mengalami persoalan dan kendala yang rumit.

Namun ia mengakui, keberhasilan kurikulum tersebut harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Sebab SDM menjadi kunci sukses atau tidaknya Kurikulum Merdeka Belajar.

"Implementasi Kurikulum Merdeka dituntut intens melakukan pelatihan di sekolah (in-house training) dan diberikan ruang untuk eksplorasi cara mengajar yang disukai siswa, seperti guru menyiapkan proyek dan siswa melakukan diskusi," jelas dia.

Baca Juga: Minat Penerapan Kurikulum Merdeka di Palembang Baru 30 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya