Palembang Masih PPKM Level 3 Hingga 14 Maret 2022

Tidak ada kebijakan baru yang diatur Pemkot Palembang

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Pembatasan ini akan berlaku hingga 14 Maret 2022 nanti.

"Kita masih PPKM Level 3 berlanjut dari pembatasan sebelumnya. PPKM dilanjutkan dua minggu terhitung dari 1 Maret 2022 kemarin," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Jumat (4/2/2022).

1. Tidak ada aturan khusus saat PPKM Level 3 di Palembang

Palembang Masih PPKM Level 3 Hingga 14 Maret 2022Wali Kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, PPKM Level 3 sudah sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 2 tahun 2022 untuk wilayah Sumatra dan daerah di luar Pulau Jawa maupun Bali.

"Tidak ada turunan aturan daerah yang membuat kebijakan pembaruan Pemkot. Semua sudah sesuai Inmendagri dengan status PPKM Level 3," kata dia.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemik Versi Ahli Mikrobiologi Sumsel

2. Konsistensi proken bantu mengurangi kasus COVID-19 di Palembang

Palembang Masih PPKM Level 3 Hingga 14 Maret 2022Suasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kebijakan PPKM Level 3 di Palembang juga sudah diterbitkan melalui Surat Edaran Wako Palembang no 08/SE/DINKES/2022, tentang pemberlakuan pembatasan masyarakat dalam optimalisasi posko penanganan dan pengendalian COVID-19.

"Yang penting kita semua harus konsisten menjaga protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, dan membatasi mobilitas di ruang publik atau fasilitas pelayanan umum," timpalnya.

Baca Juga: Tips Isolasi Mandiri di Rumah Bagi Penderita Gejala Ringan dan Sedang

3. Optimalisasi layanan kesehatan sebagai kunci menekan kasus COVID-19

Palembang Masih PPKM Level 3 Hingga 14 Maret 2022Wali kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Harnojoyo menambahkan, penerapan prokes yang konsisten selama PPKM Level 3 dipastikan membawa pengaruh positif untuk menekan angka penyebaran COVID 19 di Palembang.

"Kuncinya optimal terhadap pelayanan kesehatan untuk mitigasi penyebaran COVID-19 dan konsisten atau patuh terhadap prokes," tandas dia.

Baca Juga: Palembang Kembali Zona Oranye, Berisiko Sedang Penularan COVID-19

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya