Palembang Anggarkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan Gedung Kesenian

Pemkot janji memajukan seni Palembang hingga nasional

Intinya Sih...

  • Pemkot Palembang siapkan anggaran Rp1 miliar untuk perbaikan Gedung Kesenian di BKB.
  • Gedung Kesenian Palembang baru terealisasi setahun belakang usulan tokoh seni.
  • Rencana pemajuan seni daerah muncul setelah Ratu Dewa hadiri kegiatan Halal Bihalal bersama Seniman kota.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyiapkan anggaran sebesar Rp1 miliar, untuk perbaikan bangunan dan melengkapi peralatan seni di Gedung Kesenian yang berada di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB).

"Kalau untuk pembenahan di Gedung Kesenian ini tidak usah menunggu nanti, kalau bisa dilaksanakan secepatnya," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga: Retribusi Parkir Topang Pembangunan Infrastruktur di Palembang

1. Berharap Gedung Kesenian bisa dipakai maksimal

Palembang Anggarkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan Gedung KesenianJembatan Ampera Palembang (Foto: Instagram @pariwisata.palembang)

Kehadiran Gedung Kesenian Palembang yang tepat berada di bangunan cagar budaya Balai Pertemuan Sekanak ini, sebenarnya baru terealisasi setahun belakang setelah tokoh seni di Bumi Sriwijaya mengusulkan tempat bagi seniman.

Sebelumnya, kota dengan ikon Jembatan Ampera ini tidak memiliki lokasi khusus bagi seniman Palembang yang ingin berkarya. Ke depan, Pemkot berharap Gedung Kesenian bisa dimanfaatkan maksimal bagi semua seniman daerah.

"Harus dibuat bagus, biar seniman dapat lebih enak, nyaman, serta Gedung Kesenian ini dapat lebih menarik. Karena Gedung Kesenian Palembang ini juga memiliki nilai histori kota tua untuk dimajukan nasional," jelas dia.

Baca Juga: Palembang Butuh 3 Ribu Guru SD, Pemkot Minta Kuota ASN ke Kemendagri

2. Tercetus setelah halal bihalal bersama seniman Palembang

Palembang Anggarkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan Gedung KesenianHalal bihalal seniman Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Rencana Pemkot Palembang menyiapkan anggaran Rp1 miliar untuk memajukan seni daerah, muncul setelah Ratu Dewa menghadiri kegiatan Halal Bihalal bersama Seniman kota yang digelar oleh Dewan Kesenian Palembang (DKP), Senin (24/6/2024) kemarin.

"Sepenuhnya akan mendukung kemajuan kesenian di Palembang, tak terkecuali juga terkait beberapa perlengkapan yang dibutuhkan di Gedung Kesenian," timpalnya.

3. Palembang belum memiliki gedung kesenian representatif

Palembang Anggarkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan Gedung KesenianIlustrasi seniman

Mantan Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Palembang itu juga memberikan pekerjaan rumah kepada DKP Palembang agar dapat segera membenahi Gedung Kesenian, sehingga dapat menjadi lebih menarik bahkan menjadi destinasi wisata sejarah.

"Saya sebagai Ketua TAPD kota Palembang dalam waktu dekat ini segera anggarkan, karena kita memang belum memiliki Gedung Kesenian yang representatif," jelas Dewa.

Baca Juga: 80 Persen Hasil PPDB Jalur Prestasi di Palembang Maladminstrasi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya