Lansia Sebatang Kara di Rumah Penuh Sampah Tutup Usia

Wak Kencot meninggal dunia setelah sepekan di rumah sakit

Palembang, IDN Times - Lansia yang tinggal sebatang kara di Palembang dinyatakan meninggal dunia, setelah menerima perawatan intensif di rumah sakit selama seminggu. Kakek bernama Wak Kencot atau Abdul Roni itu sebelumnya tinggal seorang diri di rumah penuh sampah.

Wak Kencot tutup usia karena telah menderita penyakit paru-paru akut selama beberapa tahun terakhir. Ia wafat setelah dibantu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari Palembang.

1. Wak Kencot meninggal dunia pagi hari

Lansia Sebatang Kara di Rumah Penuh Sampah Tutup Usia

Kabar wafatnya Wak Kencot ini disampaikan langsung oleh Camat Bukit Kecil, Alex, Kamis (11/5/2023). Menurut Alex, Wak Kencot Wafat pada pagi hari setelah sebelumnya kondisi dia terus menurun dalam dua hari terakhir.

Innalilahi wainnailaihi rojiun, berita duka dari rumah sakit Bari, Wak Kencot meninggal dunia,” kata Alex.

2. Pihak kecamatan sempat membuat identitas diri Wak Kencot

Lansia Sebatang Kara di Rumah Penuh Sampah Tutup Usia

Saat dievakuasi pihak Kecamatan Bukit Kecil, kondisi Wak Kencot sangat memprihatinkan. Kondisi rumah susun (rusun) yang berada di Blok 4, RT 08, Kelurahan 23 Ilir, Palembang ini dipenuhi sampah. Bahkan baju yang dikenakan Wak Kencot begitu lusuh karena dipenuhi kotoran dan air.

Petugas kesulitan untuk mencari jejak keluarga Wak Kencot. Sebab identitasnya berupa Kartu Keluarga (KK) maupun KTP tidak ada di dalam rumah.

Pihak Kecamatan kemudian berinisiatif membuatkan langsung KK dan KTP untuk Wak Kencot agar bisa memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) sehingga dapat menjalani perawatan.

3. Wak Kencot akan dimakamkan di TPU Puncak Sekuning

Lansia Sebatang Kara di Rumah Penuh Sampah Tutup Usia

Alex mengatakan, pihak Kecamatan Bukit Kecil kini sedang mengurus jenazah Wak Kencot, yang rencananya dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Puncak Sekuning.

“Sekarang masih mengurus jenazah membeli kain kafan, rencananya jenazah dimandikan di rumah sakit, setelah itu dibawa ke musala untuk dimakamkan di TPU Puncak Sekuning," ujarnya.

4. Selama Wak Kencot dirawat, pihak kecamatan terus mengontrol kondisi kesehatannya

Lansia Sebatang Kara di Rumah Penuh Sampah Tutup Usia

Selama dirawat, pihak Kecamatan Bukit Kecil terus mengontrol kesehatan Wak Kencot di Rumah Sakit Bari Palembang. Bahkan kondisi Wak Kencot kala itu sempat membaik. Namun beberapa hari terakhir, kesehatan Wak kencot kembali drop sampai dinyatakan wafat.

“Kami Pemerintah Kota Palembang sudah memberikan yang terbaik dan setiap hari selalu kami kontrol perkembangan kesehatan Wak Kencot. Sampai hari ini kami mendapatkan kabar menyedihkan," jelas Alex.

Sebelumnya kondisi Wak Kencot viral di media sosial setelah akun Instagram @undercover.id mengunggah keadaan lansia sebatang kara tersebut. Dalam rekaman video itu, Wak Kencot terlihat merebahkan diri dengan baju yang kumuh dan kondisi dalam rumah banyak ditemukan tumpukan sampah.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya