Kloter 2 Haji Embarkasi Palembang Tiba, 1 Jemaah Wafat di Madinah 

Dua jemaah kloter 7 pulang lebih awal bersama kloter 2

Intinya Sih...

  • Kloter 2 Embarkasi Palembang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, dengan 1 jemaah meninggal di Madinah dan telah dimakamkan.
  • Jumlah jemaah yang pulang bersama kloter 2 haji Embarkasi Palembang ada 447 orang dari jumlah keberangkatan sebanyak 448 orang, termasuk dua jemaah dari kloter 7 yang ikut pulang lebih awal.
  • Jemaah haji yang sakit dan dirawat di Arab Saudi akan terus dipantau kondisi kesehatan mereka dan akan dipulangkan ke Indonesia bersama kloter-kloter berikutnya setelah dinyatakan layak terbang.

Palembang, IDN Times - Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 2 Embarkasi Palembang sudah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Senin (24/06/2024) sekitar pukul 09.10 WIB. Satu orang jemaah dari kloter tersebut wafat di Madinah dan telah dimakamkan di sana.

"Ada satu jemaah yang meninggal, Yusman Irawan berusia 64 tahun asal Lubuk Linggau," ujar Ketua kloter 2 Embarkasi Palembang, Muslim Aswari.

Baca Juga: 1 Jemaah Haji Asal Lahat Wafat, Sempat Dirawat di RS Arab Saudi

1. Total 447 jemaah pulang ke Tanah Air bersama kloter 2

Kloter 2 Haji Embarkasi Palembang Tiba, 1 Jemaah Wafat di Madinah Jemaah haji kloter 2 tiba di Bandara SMB II Palembang (Dok. Kemenag Sumsel)

Jumlah jemaah yang pulang bersama kloter 2 haji Embarkasi Palembang mencapai 447 orang, dari jumlah keberangkatan sebanyak 448 orang. Berdasarkan jumlah tersebut, ada dua jemaah dari kloter 7 yang ikut pulang lebih awal (Tanazul) ke kloter 2, yaitu Ahmad Nuril Alam (68) dan Eva Hariyantini (44).

Muslim mengatakan, jumlah jemaah yang berangkat ke Tanah Suci pada 13 Mei lalu melalui kloter 2 ada satu orang jemaah meninggal dunia. Saat kepulangan ke Tanah Air, ada dua jemaah yang tak ikut pulang karena dirawat di rumah sakit Makkah.

"Jemaah bernama Zainoni Zen Ibrahim dan Bonandar Iskak Karyo asal Lubuk Linggau. Namun karena dua jemaah dari kloter 7 pulang lebih awal, total jemaah yang pulang berjumlah 447 orang, termasuk lima petugas kloter dari Palembang, Lubuk Linggau, dan Muratara," jelas dia.

Baca Juga: Kloter 1 Haji Palembang Tiba, PPIH Sambut Jemaah dengan Dua Skema

2. Jemaah yang masih dirawat akan dipulangkan setelah sehat

Kloter 2 Haji Embarkasi Palembang Tiba, 1 Jemaah Wafat di Madinah Jemaah haji kloter 2 tiba di Bandara SMB II Palembang (Dok. Kemenag Sumsel)

Plh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah dari Kanwil Kemenag Sumsel, Win Hartan, mengatakan jemaah haji yang sakit dan dirawat di Arab Saudi akan terus dipantau.

"Bila sudah sehat dan dinyatakan layak terbang, mereka akan dipulangkan ke Indonesia bersama kloter-kloter berikutnya,” katanya.

3. Kesehatan jemaah tetap dipantau hingga 2 minggu setelah kepulangan

Kloter 2 Haji Embarkasi Palembang Tiba, 1 Jemaah Wafat di Madinah Jemaah haji kloter 2 tiba di Bandara SMB II Palembang (Dok. Kemenag Sumsel)

Terkait teknis penyambutan kedatangan jemaah haji kloter 2 yang tiba hari ini, jemaah yang telah sampai di Bandara Palembang akan menjalani proses pemeriksaan di sana dan jemaah kemudian dibawa ke Aula Asrama Haji Sumsel.

"Di sini, jemaah mengikuti prosesi penyambutan sekaligus pelepasan ke daerah masing-masing. Jemaah haji mendapatkan pengarahan dari bidang kesehatan terkait pemantauan kesehatan jemaah haji selama dua pekan pasca kepulangan," jelas dia.

Kemenag Sumsel mencatat dari seluruh jumlah jemaah yang berangkat dari Palembang terhitung ada 19 orang jemaah yang wafat. Dua jemaah meninggal di embarkasi sebelum keberangkatan dan 17 jemaah meninggal di Arab Saudi.

Baca Juga: Kloter 1 Jemaah Haji Palembang Tiba di Indonesia 22 Juni 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya