Kloter 1 Jemaah Haji Palembang Tiba di Indonesia 22 Juni 2024

13 jemaah haji kloter Palembang meninggal di Arab Saudi

Intinya Sih...

  • Kloter 1 jemaah haji Palembang tiba Sabtu, 22/6/2024, disambut di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.
  • Penyambutan di Asrama Haji melibatkan berbagai pihak, termasuk Imigrasi, Bea Cukai, Saudi Arabian Airlines, dan Angkasa Pura II Palembang.
  • Sebanyak 13 jemaah haji kloter Palembang meninggal di Arab Saudi selama musim haji 2024.

Palembang, IDN Times - Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 debarkasi Palembang bakal tiba di Tanah Air pada Sabtu (22/6/2024). Jemaah dijadwalkan sampai di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sekitar pulul 20.00 WIB.

"Panitia mulai menyiapkan skema penyambutan jemaah haji, baik di Bandara SMB II Palembang maupun ketika masuk asrama haji," ujar Kabag Tata Usaha Kemenag Sumatra Selatan (Sumsel), Win Hartan, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Fase di Mina Usai, Jemaah Diimbau Pulihkan Fisik Sebelum Tawaf Ifadhah

1. Penyambutan haji melibatkan banyak stakeholder

Kloter 1 Jemaah Haji Palembang Tiba di Indonesia 22 Juni 2024Kondisi di Jamarat, Mina, saat jemaah haji akan melakukan lempar jumrah Aqabah. IDN Times/Faiz Nashrillah

Penyambutan jemaah di Asrama Haji oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) meliputi pelayanan penerimaan jemaah dengan melibatkan stakeholder lain, yakni pihak Imigrasi, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Saudi Arabian Airlines, serta Angkasa Pura II Palembang.

"Pahami tugas masing-masing dengan baik, bekerja maksimal dalam proses penyambutan jemaah haji, berikan pelayanan terbaik dalam menyambut kedatangan tamu Allah di Tanah Air. Jangan lupa selalu berkoordinasi dengan setiap bidang di kepanitiaan ini," imbuh dia.

Baca Juga: Kemenag Sebut Penerapan Murur bagi Jemaah Haji di Muzdalifah Sukses

2. Ada 13 jemaah haji meninggal di Arab Saudi

Kloter 1 Jemaah Haji Palembang Tiba di Indonesia 22 Juni 2024Getty Images

Sepanjang musim haji 2024, ada belasan jemaah yang wafat di Tanah Suci dan meninggal dunia sebelum keberangkatan. Total 15 jemaah telah dimakamkan dan saat ini jemaah haji kloter 1 telah kembali ke hotel masing-masing pasca menjalani puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

"Data hingga hari ini, jemaah haji Palembang yang meninggal berjumlah 15 orang. Dua meninggal saat di embarkasi sebelum keberangkatan, sedangkan 13 jemaah lagi meninggal di Arab Saudi," jelasnya.

3. Pelayanan penyambutan haji lansia disiapkan ambulance

Kloter 1 Jemaah Haji Palembang Tiba di Indonesia 22 Juni 2024ilustrasi jamaah haji Indonesia (pexels.com/Konevi)

Kepala Balai Kekarantinaan dan Kesehatan (BKK) Palembang, Emmilya Rosa menambahkan, pihaknya telah menyiapkan skema dan mitigasi terkait pelayanan kesehatan. Pelayanan Fast Track juga tetap dilaksanakan dalam penyambutan jemaah haji.

"Khususnya bagi jemaah haji yang dalam kondisi sakit dan memerlukan proses penanganan kesehatan lebih dahulu termasuk jemaah lansia. Panitia juga menyiapkan ambulans dan minibus khusus, untuk menyambut jemaah yang butuh penanganan khusus dan masuk jalur fast track," timpal dia.

Baca Juga: Kondisi Jamarat Padat, Jemaah Diminta Patuhi Jadwal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya