Jalan Rusak di Palembang Langsung Diperbaiki Usai Video Protes Viral

Pemerintah mengakui kerusakan jalan akibat proyek IPAL

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang langsung menindaklanjuti jalan rusak di kawasan Dempo, setelah video protes warga di kubangan viral di media sosial.

Kerusakan jalan tersebut disebabkan pembangunan proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Balai Prasarana Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum.

"Ini memang pekerjaan kami sebelumnya dan kami harus bertanggung jawab untuk rapi kembali," ujar Miarka, Kepala Balai Prasarana Permukiman wilayah Sumsel, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga: Viral Video Warga Palembang Mengeluh Jalan Rusak, Protes di Kubangan

1. Pemerintah sebut perbaikan jalan sudah pernah dilakukan

Jalan Rusak di Palembang Langsung Diperbaiki Usai Video Protes ViralPerbaikan jalan rusak di Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Pihak Balai Prasarana Permukiman Sumsel mengklaim, pihaknya telah memperbaiki jalan beberapa tahap. Namun karena kondisi jalan tak tahan dengan gerusan air, area tersebut terlihat belum ada tindak lanjut.

"Sebenarnya tahap pertama sudah dilakukan perbaikan tetapi tidak kuat menahan gerusan air jadi memang harus dibentuk jalanya," kata dia.

Baca Juga: DPC Demokrat Palembang Buka Pendaftaran Calon Wawako di Pilkada

2. Perbaikan jalan menyesuaikan pendanaan yang ada

Jalan Rusak di Palembang Langsung Diperbaiki Usai Video Protes ViralPerbaikan jalan rusak di Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Menurut Miarka, pihaknya akan terus berkomitmen memperbaiki ruas jalan yang terdampak penggalian IPAL dengan menyesuaikan pendanaan.

"Kalau masa pemeliharaan itu sampai Desember, tapi kami tidak menunggu Desember, hari ini sudah didukung material agar lubangnya jangan sampai dalam, baru di atasnya dibeton dan diaspal. Waskita mendukung material dan teman-teman PU Kota dengan alat angkut atau alat berat," ungkapnya.

3. Total ada 17 jalan rusak di Palembang

Jalan Rusak di Palembang Langsung Diperbaiki Usai Video Protes ViralPerbaikan jalan rusak di Palembang (Dok. Kominfo Palembang)

Setelah video warga protes di kubangan viral, Pj Sekda Palembang Gunawan langsung meninjau lokasi jalan rusak. Berdasarkan data yang diperoleh ada 17 titik ruas jalan rusak akibat proyek IPAL.

"Sebanyak 15 (jalan) diantaranya termasuk jalan kota sedangkan 2 sisanya merupakan jalan provinsi dan jalan ini sudah cukup lama rusak," kata dia.

Baca Juga: Mawardi-Harno Irit Bicara Usai Temui Alex Noerdin di Lapas

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya