Ini Cara Baru Pemkot Palembang Bantu UMKM Naik Kelas

Kenten Street wisata kuliner baru di Palembang

Palembang, IDN Times - Salah satu cara untuk mempertahankan nominasi Palembang menjadi kota dengan predikat paling kreatif, adalah dengan meningkatkan pengadaan wisata kuliner.

"Palembang sudah masuk nominasi 10 kota paling kreatif melalui penilaian Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif). Tinggal sekarang menjadi tugas kami untuk menargetkan agar Palembang bisa terpilih menjadi kota kreatif," kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani, usai acara Grand Opening lokasi kuliner Kenten Street di Jalan MP Mangkunegara Palembang, (14/7).

1. Pesatnya kuliner bisa menjadikan Palembang lebih dihargai

Ini Cara Baru Pemkot Palembang Bantu UMKM Naik KelasIDN Times/Feny Maulia Agustin

Isnaini menjelaskan, dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan menjadikan Palembang lebih dihargai. Selain itu, dengan menggeliatnya wisata kuliner ini akan meningkatkan pertumbuhan pada sektor ekonomi dan membantu pendapatan daerah.

"Kita ingin mendorong UKM dan UMKM ekonomi kreatif untuk berkembang dan naik kelas. Usaha ekonomi kreatif ini merupakan usaha kecil yang sulit bagi pelakunya untuk membayar bunga. Dengan adanya kemudahan ini, diharapkan para pelaku usaha dapat terus bertambah," jelasnya.

2. Kenten Street hadirkan beragam kuliner lokal dan manca

Ini Cara Baru Pemkot Palembang Bantu UMKM Naik KelasIDN Times/Feny Maulia Agustin

Saat IDN Times mengunjungi Kenten Street, para pengunjung dimanjakan dengan banyaknya pilihan pada kios-kios kuliner, yang menyajikan beragam menu, mulai dari pempek maupun kekinian seperti Asia, Western dan Jepang.

Kemudian ditambah suasana cozy dengan sentuhan berbagai seni mural pada dinding-dinding kios. Apalagi eksterior di kuliner Kenten Street cukup elegan dengan dikelilingi lampu warna-warni.

"Wisata kuliner kan bukan saja melibatkan pelaku bisnis. Tapi bagaimana cara menggaet para konten kreatif. Misalnya selain menawarkan makanan, pengunjung disuguhkan suasana nyaman hasil kreasi pelaku seni," kata Isnani.

3. Berharap kuliner bisa sejajar dengan wisata budaya dan sejarah

Ini Cara Baru Pemkot Palembang Bantu UMKM Naik KelasIDN Times/Feny Maulia Agustin

Isnani menilai, wisata kuliner di Palembang ini punya peluang besar bisa sejajar dengan wisata sejarah dan budaya yang sudah sangat melekat dengan jati diri Palembang.

"Harapan kita Palembang jadi kota kreatif yang memiliki inovasi setiap tahunnya. Bisa menghadirkan kota wisata dengan nuansa berbeda. Karena adanya banyak wisata kuliner Palembang yang menjadi tulang punggung," ungkapnya.

Baca Juga: Selain Pempek, Inilah 10 Kuliner Palembang yang Wajib Kamu Cobain

4. Kuliner berperan penting hasilkan wisata berkualitas

Ini Cara Baru Pemkot Palembang Bantu UMKM Naik KelasIDN Times/Feny Maulia Agustin

sementara, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Palembang, Herlan Aspiudin mengatakan, bahwa kuliner sangat memegang peran penting dalam memberikan pengalaman wisata berkualitas.

"Situasi ini menumbuhkan optimisme, bahwa kuliner ikut menentukan keberhasilan pembangunan kepariwisataan yang muaranya adalah peningkatan perekonomian," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya