Dana Hibah Dispora Rp20,5 Miliar Tak Cair, Keuangan KONI Sumsel Lumpuh

Persiapan atlet jelang PON 2024 di Aceh menjadi terganggu

Intinya Sih...

  • Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel mencari solusi dana hibah Rp20,5 miliar untuk persiapan atlet PON 2024 di Aceh.
  • KONI Sumsel mengalami lumpuhnya anggaran dan tidak mendapatkan uang transportasi pegawai sejak Januari 2024.
  • Pencairan dana hibah harus menunggu anggaran belanja tambahan perubahan (ABTP) dan KONI Sumsel dikejar target membuat proposal baru menjelang pelaksanaan PON 2024.

Palembang, IDN Times - Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatra Selatan (Dispora Sumsel) mencari solusi soal dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel. Rencananya, dana senilai Rp20,5 miliar yang tak kunjung cair itu digunakan untuk mempersiapkan atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh pada September mendatang.

"Kita carikan solusinya, pokoknya kita target bisa ikut PON," ujar Kepala Dispora Sumsel, Rudi Irawan, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: Janji Yulian Gunhar Sebagai Ketum KONI Sumsel Usai Terpilih Aklamasi

1. Persiapan Sumsel menuju PON 2024 di Aceh berimbas akibat dana hibah belum cair

Dana Hibah Dispora Rp20,5 Miliar Tak Cair, Keuangan KONI Sumsel LumpuhKantor KONI Sumsel (Dok: istimewa)

Dana hibah tersebut mengalami masalah akibat KONI Sumsel tak tuntas mengajukan proposal, dan tidak memenuhi kriteria serta persyaratan pengajuan. Akibat hal itu, seluruh staf dan karyawan belum menerima uang transportasi sejak Januari 2024 hingga sekarang.

"Hal itu nanti saja (wawancaranya), masih berproses (proposal), sabar," kata dia.

Tak hanya uang transportasi pegawai dan dana persiapan PON 2024 di Aceh yang berimbas, lumpuhnya anggaran KONI Sumsel juga berdampak pada tunggakan biaya perawatan kantor.

Tunggakan tersebut meliputi gaji pegawai, listrik, air, serta sejumlah urusan internal KONI lainnya. Padahal KONI Sumsel sebagai organisasi seharusnya bisa menerima dana dari sumber lain, dan tak hanya bergantung pada APBD Sumsel.

"Kalau soal itu (tunggakan), internal KONI, ya. KONI seharusnya ada sumber lain. Kalau dari mana (sumber lain) kita tidak tahu, kan ini organisasi, jadi internal mereka lah," jelas dia.

Baca Juga: Mantan Kepala Dispora Diperiksa Lagi Terkait Korupsi di KONI Sumsel

2. KONI Sumsel terlibat 3 poin kelumpuhan finansial

Dana Hibah Dispora Rp20,5 Miliar Tak Cair, Keuangan KONI Sumsel LumpuhKantor KONI Sumsel (Dok: istimewa)

Kelumpuhan finansial KONI Sumsel saat ini berkaitan dengan tiga masalah. Yakni anggaran Rp20,5 miliar tidak dapat dicairkan karena proposal dari pengurus KONI Sumsel yang lama tidak memenuhi syarat.

Akibat hal tersebut, pencairan dana hibah harus menunggu anggaran belanja tambahan perubahan (ABTP). Kedua, PON dan kegiatan operasional KONI Sumsel dalam kategori mendesak yang kini tidak ada biaya, justru disarankan oleh Direktur Bina Keuangan Daerah untuk Perubahan Peraturan Kepala Daerah.

Selanjutnya KONI Sumsel dikejar target untuk membuat proposal baru kategori keadaan mendesak dengan waktu singkat, menjelang pelaksanaan PON 2024 lima bulan lagi.

3. Atlet dan pelatih jadi korban dana hibah yang tak kunjung cair

Dana Hibah Dispora Rp20,5 Miliar Tak Cair, Keuangan KONI Sumsel LumpuhKetua KONI Sumsel terpilih Yulian Gunhar (Istimewa)

Sekum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumsel, Zulfaini M Ropi, merespon masalah KONI saat ini dengan dilema. Ia juga mempertanyakan langkah dan upaya konkret yang semestinya dilakukan para pengurus KONI.

"Belum terlihat ada action dari KONI Sumsel untuk mengatasi masalah ini," ujarnya.

Dirinya menyebut jika masalah ini terus berlanjut, maka persiapan Sumsel jelang PON 2024 bakal terkendala dan membuat para atlet yang sudah berlatih tidak ada semangat juang.

"Jadi korban adalah atlet dan pelatih. Ini miris sekali. Dispora dan cabor harus duduk bersama membahas ini demi kebaikan semua," timpal dia.

Sementara saat IDN Times mencoba menghubungi Ketua KONI Sumsel terpilih, Yulian Gunhar, ia belum memberi tanggapan dan tidak merespon konfirmasi tersebut.

Baca Juga: Mantan Presiden Sriwijaya FC Tersangka Kasus Korupsi KONI Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya