Berwisata ke Menara Jembatan Ampera Bakal Jadi Destinasi Dunia

Pengunjung bisa naik lift ke atas menara Jembatan Ampera

Intinya Sih...

  • Wisata Menara Jembatan Ampera Palembang akan segera dibuka untuk umum setelah renovasi selesai
  • Pengelolaan dan perbaikan Jembatan Ampera menghabiskan anggaran Rp9 miliar oleh Kementerian PUPR
  • Pemkot Palembang berharap wisata menara ini dapat menarik wisatawan dan menyumbang PAD setelah dikelola dengan baik

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang segera meresmikan Wisata Menara Jembatan Ampera. Jembatan ikon Bumi Sriwijaya ini akan dibuka untuk umum setelah aset kepengurusan diserahkan kepada Pemkot pasca renovasi tuntas.

Pengelolaan Jembatan Ampera yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menghabiskan anggaran perbaikan hingga Rp9 miliar untuk merenovasi struktur jembatan dan optimalisasi tangga otomatis (lift).

Baca Juga: Wisata ke Menara Jembatan Ampera Dibuka Akhir 2024, Minat?

1. Diyakini bisa mendunia karena nilai sejarah

Berwisata ke Menara Jembatan Ampera Bakal Jadi Destinasi DuniaTower Jembatan Ampera Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Palembang, Ratu Dewa mengklaim, destinasi hiburan Kota Pempek bakal mendunia jika dibuka untuk umum. Selain memiliki nilai sejarah, wisata menara Jembatan Ampera mampu menarik wisatawan karena keaslian struktur bangunan.

"Jika jembatan sudah menjadi wisata baru Palembang, maka saya yakin wisata ini adalah wisata dunia," ujarnya, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga: [FOTO] Suasana Salat Idul Id di Masjid Agung dan Ampera Palembang

2. Pemkot Palembang tunggu regulasi pengelolaan Jembatan Ampera

Berwisata ke Menara Jembatan Ampera Bakal Jadi Destinasi DuniaPJ Wako Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Proses pengelolaan belum menjadi hak Pemkot Palembang karena dokumen resmi masih milik pemerintah pusat. Secara regulasi, pengelolaan Jembatan Ampera harus melalui evaluasi kelayakan struktur bangunan dan pelestarian.

"Mohon bersabar, kita selesaikan regulasinya sehingga masyarakat bisa menikmati Jembatan Ampera," kata dia

3. Masyarakat Palembang tak sabar naik ke atas menara Jembatan Ampera

Berwisata ke Menara Jembatan Ampera Bakal Jadi Destinasi DuniaTower Jembatan Ampera Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Apabila perbaikan struktur bangunan dan optimalisasi tangga otomatis sudah selesai, berwisata ke atas menara Jembatan Ampera akan menjadi titik pusat masyarakat bisa melihat pemandangan Kota Palembang.

"Masyarakat sudah menunggu destinasi wisata ini dibuka, sebab banyak yang berharap bisa naik ke atas menara Jembatan Ampera," timpalnya.

4. Diharapkan bisa menyumbang PAD Palembang

Renovasi Jembatan Ampera meliputi perbaikan dua lift untuk naik ke atas menara. Target renovasi direncanakan selesai pada akhir 2024 dan saat ini satu tangga otomatis sudah kelar dikerjakan. Harapan ke depan, berwisata ke menara Jembatan Ampera bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Setelah semua selesai, baru aset ini diterima Pemkot dan akan dikelola dengan baik supaya bisa menambah PAD Palembang," kata dia.

Baca Juga: Lift di Jembatan Ampera Mulai Dipasang, Begini Penampakannya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya