Bacagub-Cawagub Sumsel Mulai Tes Kesehatan di RSMH Palembang

Tiga paslon dijadwalkan tes kesehatan hari ini

Palembang, IDN Times - Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubenur Sumatra Selatan (Sumsel) mulai menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Mohammad Hoesin atau yang dikenal RSMH Palembang pada Rabu (28/8/2024).

"Yang diperiksa baik fisik maupun jiwa dan bebas narkoba berkerjasama dengan BNN," kata Siti Khalimah selaku Direktur Utama RSMH dalam jumpa pers terkait Pemeriksaan Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur dan Wali Kota/Wakil Wali Kota di RSMH Palembang.

1. RSMH Palembang menyiapkan tim khusus pengecekan kesehatan bakal kepala daerah di Pilkada 2024

Bacagub-Cawagub Sumsel Mulai Tes Kesehatan di RSMH Palembangilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Selain bacagub-cawagub yang mengikuti tes kesehatan sebagai rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, sejumlah kepala daerah lainnya juga ikut pemeriksaan di RSMH. Mereka adalah bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang, Yudha Pratomo Mahyuddin - Baharuddin dan bakal calon Wali Kota dan Wali Kota Prabumulih, Arlan - Frangky Nasril.

Siti Khalimah mengutarakan, RSMH sudah menyiapkan tim khusus untuk pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah itu, mulai dari dokter penyakit dalam, jantung, paru, urologi, THT, mata dan lainnya.

"Untuk pemeriksaan dijadwalkan dari Rabu hingga Minggu dan bakal calon sudah dijadwalkan, maka diupayakan pemeriksaan satu hari selesai. Jadi besoknya ganti yang lain, sehingga tidak menganggu kesibukan mereka," jelas dia.

2. KPU Sumsel meminta masyarakat menunggu hasil cek kesehatan

Bacagub-Cawagub Sumsel Mulai Tes Kesehatan di RSMH PalembangJembatan Ampera Palembang (pixabay)

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya menambahkan, para calon kepala daerah harus menjalani serangkaian tes kesehatan, mulai dari psikologi, fisik, narkoba, dan lain-lain.

"Diperiksa kemampuan untuk menjalankan tugas sebagai kepala daerah, yang hasilnya nanti disimpulkan pihak rumah sakit apakah bakal calon kepala daerah ini mampu atau tidak mampu," lanjutnya.

Kemudian, Andika meminta, semua pihak menunggu hasil pemeriksaan tes kesehatan ini untuk kemudian nantinya ditindaklanjuti. 

3. Herman Deru berpuasa sebelum cek kesehatan

Bacagub-Cawagub Sumsel Mulai Tes Kesehatan di RSMH PalembangPartai Demokrat mengusung Herman Deru dan Cik Ujang sebagai Cagub serta Cawagub Sumsel dalam Pilkada 2024 (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Sedangkan Herman Deru sebelum melakukan tes kesehatan mengatakan, bahwa semalam diinformasikan puasa mulai pukul 22.00 WIB. Namun dikonfirmasi ulang bahwa puasanya mulai pukul 02.00 WIB dini hari.

"Jadi kami sudah puasa dari pukul 22.00 WIB, ternyata harusnya dari 02.00 WIB dini hari, jadi ini sudah pada mulai lapar," katanya sambil bercanda memegang perut Cik Ujang.

Baca Juga: KPUD Sumsel Terima Berkas Pendaftaran Pasangan Herman Deru-Cik Ujang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya