Arus Balik 2024, 10 Ribu Orang Keluar Palembang dari Bandara SMB II

Pengelola Bandara SMB II Palembang tambah 360 penerbangan

Palembang, IDN Times - Arus balik lebaran Idul Fitri 2024 sudah berlangsung sejak Jumat (12/4/2024), puncak arus balik dari Sumatra Selatan (Sumsel) ke luar kota atau provinsi dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang berlangsung Minggu (14/4/2024).

"Puncak arus balik terjadi hari ini dengan 60 kali pergerakan pesawat dan 10.200 penumpang," ujar Executive General Manager SMB II Palembang, R Iwan Winaya Mahdar, Minggu (14/4/2024).

Baca Juga: Kadishub Sumsel Imbau Warga Hindari Arus Balik H+3 dan H+4 Lebaran

1. Tambah jumlah penerbangan dari 4 maskapai

Arus Balik 2024, 10 Ribu Orang Keluar Palembang dari Bandara SMB IISuasana bandara Soekarno-Hatta (dok. Kemenhub)

Pengelola Bandara SMB II Palembang kini sudah menambah jadwal penerbangan untuk mengurai kepadatan rute penerbangan luar dan masuk Bumi Sriwijaya. Ada 360 penerbangan tambahan dari 4 maskapai yakni Lion Air, Garuda Indonesia, Lion Air, dan Super Air Jet.

"Ada 85 penerbangan yang masuk dan keluar di Bandara pada Minggu ini," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Minta Jalan Palembang-Betung Dilebarkan Tahun Depan

2. Jumlah penumpang di Bandara SMB II Palembang meningkat dari 2023

Arus Balik 2024, 10 Ribu Orang Keluar Palembang dari Bandara SMB IIIlustrasi aktivitas di Bandara (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Momentum arus balik di Bandara SMB II Palembang dominan penerbangan domestik menuju Pulau Jawa, dengan waktu terbang paling banyak mulai dari jam 07.00 WIB. Total jumlah penumpang yang telah terbang dari Palembang sejak Jumat (12/4/2024) mencapai 152.225 penumpang.

"Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2023," timpalnya.

3. Imbau penumpang siapkan identitas diri sebelum check in dan boarding

Arus Balik 2024, 10 Ribu Orang Keluar Palembang dari Bandara SMB IIMaskapai Super Air Jet (dok. Angkasa Pura II)

Bagi seluruh penumpang yang akan berangkat dari Bandara SMB II Palembang sudah harus menyiapkan identitas diri sebelum Check In maupun Boarding. Hal ini untuk mencegah hal yang tak diinginkan saat verifikasi tiket dan data diri.

"Kami mengimbau kepada para penumpang untuk istirahat cukup. Menyiapkan identitas diri sebelum ke bandara dan memastikan tiket sudah tersedia dan tiba di bandara 1,5-2 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari antrian," jelas dia.

Baca Juga: Kapolda Sumsel Hentikan Truk yang Masih Melintas di Jalanan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya