Ada Pasar Murah Palembang, Minyak dan Beras Cuma Rp67 Ribu

Sembako murah tersedia 500 paket di tiap kecamatan

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang masih menggelar operasi pasar di 18 kecamatan dengan kuota 500 paket sembako murah. Masyarakat bisa membeli minyak serta beras dengan harga Rp67 ribu hingga akhir Oktober 2023 nanti.

"Dalam operasi pasar tersedia 500 paket berupa beras 5 kg dan minyak 1 liter," ujar Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Palembang, Ratu Dewa, Minggu (15/10/2023).

Baca Juga: Bulog Percepat Bantuan Beras Imbas Kenaikan Harga Beras di Sumsel

1. Operasi pasar untuk menekan harga beras

Ada Pasar Murah Palembang, Minyak dan Beras Cuma Rp67 Ribuilustrasi beras (pexel)

Operasi pasar digelar untuk menekan harga beras yang tinggi di sejumlah pasar tradisional. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Dinas Perdagangan kota bersama Bulog. Operasi pasar perdana hadir di kantor Lurah Pahlawan Kecamatan Kemuning, Rabu (11/10/2023) lalu.

"Ini untuk membantu masyarakat agar daya belinya terjangkau di bawah harga pasaran," kata dia.

2. Beras yang dijual jenis premium

Ada Pasar Murah Palembang, Minyak dan Beras Cuma Rp67 RibuOperasi pasar murah di Palembang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Analisis Perdagangan Palembang sekaligus Koordinator Pelaksanaan Operasi Pasar, Fajri mengatakan, kegiatan ini menjadi upaya membantu masyarakat untuk mendapatkan beras dengan harga terjangkau ldengan sistem tebus murah.

"Operasi pasar ini berkaitan dengan harga beras yang sekarang naik, dari yang biasanya Rp12 ribu per kilo menjadi Rp14 ribu untuk jenis premium. Kalau untuk beras medium selama ini di kisaran Rp9.500-Rp 10.500, sekarang harganya Rp12.500," timpalnya.

3. Bulog Sumsel juga memberikan bantuan beras untuk penerima KPM

Ada Pasar Murah Palembang, Minyak dan Beras Cuma Rp67 RibuBantuan sosial (bansos) beras. (dok. Bulog)

Kepala Perum Bulog Sumsel Babel, Mohammad Alexander menambahkan, selain mendukung kegiatan operasi pasar, Bulog juga sudah menggelontorkan beras bantuan kepada penerima bantuan pada tahap kedua, yaitu 582.370 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total beras yang digelontorkan sebanyak 17.457 ton.

"Jumlah ini akan diberikan untuk masyarakat KPM sampai dengan bulan November 2023 yang pembagiannya untuk semua kabupaten/kota di Sumsel," jelas dia.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya