Ada 12 Ribu Warga Miskin di Palembang, Wako Lanjutkan Bagi Sembako

Total 580 penerima manfaat di Jakabaring terima sembako

Intinya Sih...

  • Program bagi-bagi sembako dilanjutkan untuk menekan angka kemiskinan di Palembang
  • Angka kemiskinan di Palembang mengalami penurunan signifikan dalam dua tahun terakhir
  • Pemkot Palembang juga fokus pada program pembuatan dokumen dan data diri warga di lingkungan padat

Palembang, IDN Times - Badan Pusat Statistik Sumatra Selatan (BPS Sumsel) mencatat angka kemiskinan di Palembang pada Maret 2024 mencapai 12 ribu orang. Untuk menekan angka tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) kembali melanjutkan program bagi-bagi sembako.

"Angka kemiskinan di Palembang berjumlah 12.812 orang dan pemberian paket sembako diharapkan bisa menurunkan jumlah tersebut," ujar Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Palembang, Ratu Dewa, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga: Golkar Jajaki Koalisi dengan PDI Perjuangan di Pilwako Palembang 2024

1. Warga miskin di Palembang mengalami penurunan signifikan

Ada 12 Ribu Warga Miskin di Palembang, Wako Lanjutkan Bagi SembakoPJ Wako Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Berdasarkan data sejak dua tahun terakhir menurut Dewa, angka kemiskinan di Palembang mengalami penurunan signifikan. Sebelumnya ada lebih dari 60 ribu warga miskin pada 2022, dan menurun di angka 33 ribu orang pada 2023.

Selain program pembagian sembako untuk menekan angka kemiskinan ekstrem di Palembang, upaya mengah inflasi serta meningkatkan kepedulian terhadap anak stunting atau anak kerdil juga membantu mengurangi jumlah warga miskin.

"Mudah-mudahan bantuan pasca Idul Fitri ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh keluarga penerima manfaat," kata dia.

Baca Juga: Profil Fitrianti Agustinda, Calon Wako Palembang dari Partai Golkar

2. Pemkot Palembang bagikan sembako di beberapa kelurahan di Jakabaring

Ada 12 Ribu Warga Miskin di Palembang, Wako Lanjutkan Bagi SembakoPJ Wako Palembang Ratu Dewa bagikan sembako di Kawasan Jakabaring (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Dewa menambahkan, penyaluran sembako berupa beras, gula, dan minyak, baru saja dilakukan Pemkot Palembang di kawasan Jakabaring, Kamis (18/4/2024). Keluarga Penerima Manfaat atau KPM mencapai 500an bantuan.

"Total sembako yang dibagikan pada warga Jakabaring yang tersebar di beberapa kelurahan ini berjumlah 580 KPM," jelasnya.

3. Pemkot Palembang jemput bola layani pembuatan dokumen data diri

Ada 12 Ribu Warga Miskin di Palembang, Wako Lanjutkan Bagi SembakoPJ Wako Palembang Ratu Dewa bagikan sembako di Kawasan Jakabaring (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Tak hanya fokus membagikan paket sembako, Pemkot Palembang juga menjalankan program pembuatan dokumen dan data diri warga di lingkungan padat seperti di pinggiran kota.

"Pemkot juga berfokus untuk menyelesaikan dokumen kependudukan warga seperti KK, akte kelahiran, KIS, KIP, dan KIA untuk warga yang sulit mengurus layanan ini," timpal dia.

Baca Juga: Lanosin Adik Herman Deru Kembali Maju Pilkada OKU Timur Lewat PKB

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya