50 ODGJ di Palembang Perdana Nyoblos, Petugas Khusus Mendampingi

ODGJ yang bakal mencoblos didampingi khusus agar bisa tenang

Intinya Sih...

  • Pelaksanaan Pemilu 2024 menjadi momen perdana bagi puluhan ODGJ di Palembang
  • 50 pemilih ODGJ mendapatkan hak suara dari total 289 DPT di TPS 10
  • Pemilih ODGJ akan dibimbing panitia KPPS untuk memastikan kondisi tenang saat nyoblos

Palembang, IDN Times - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjadi momen perdana bagi puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Palembang mendapatkan kesempatan mencoblos.

Lokasi pencoblosan untuk ODGJ tersebut berada di Jalan Residen H. Najamuddin, Suka Maju, Sako, Palembang. Pemilih ODGJ yang berhak memberikan suara pada Pemilu 2024 berstatus gangguan ringan dan dianggap layak.

"Untuk ODGJ diperlukan penanganan khusus, karena sebelum ODGJ mencoblos harus terlebih dahulu diperhatikan kondisinya, apakah sedang tenang atau tidak," ujar Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10, Hidayat, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga: 6.009 ODGJ Sumsel Punya Hak Mencoblos di Pemilu 2024, Kok Bisa?

1. ODGJ yang mencoblos binaan panti sosial di Palembang

50 ODGJ di Palembang Perdana Nyoblos, Petugas Khusus MendampingiIlustrasi TPS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Total ODGJ yang mendapatkan hak suara sebanyak 50 pemilih, dengan keseluruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada 289 orang. Puluhan ODGJ itu merupakan binaan Panti Sosial Rehabilitasi Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar di Palembang.

"Baru pertama kali di sini (Panti Sosial Rehabilitasi Pengemis Gelandangan Sako) memfasilitasi warga binaan untuk memberikan hak suara dalam pemilu," jelas dia.

Baca Juga: 30 Orang Pekerja Seks di Palembang Berhak Mencoblos di Pemilu 2024

2. ODGJ yang hendak mencoblos dibimbing terlebih dulu

50 ODGJ di Palembang Perdana Nyoblos, Petugas Khusus MendampingiTPS 10 Kawasan Sako, lokasi ODGJ mencoblos di Palembang (IDN Times/Istimewa)

DPT di TPS 10 merupakan warga RT O4 dan warga Panti Sosial. Lokasi TPS tersebut tidak khusus diberikan bagi pemilih ODGJ, karena warga sekitar juga mencoblos di sana.

"Untuk ODGJ yang akan ikut mencoblos diperhatikan dahulu, apakah harus makan obat, harus dibimbing oleh panitia, dibujuk, dan dihibur agar mereka tenang saat mencoblos," timpalnya.

3. ODGJ akan dibantu petugas agar tidak gaduh dan mengamuk

50 ODGJ di Palembang Perdana Nyoblos, Petugas Khusus MendampingiIlustrasi TPS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Hidayat mengatakan, penanganan dan pendampingan ODGJ yang bakal mencoblos mendapat pendampingan khusus oleh petugas panti, agar ODGJ tidak mengamuk dan mengacaukan suasana.

"Ada petugas khusus dibantu panitia KPPS, sebab kalau tidak mereka akan gaduh dan cenderung mengamuk, jadi buat rusuh TPS. Kita harus menunggu sampai ODGJ tenang baru bisa nyoblos," kata dia.

Baca Juga: 60 Tunanetra di Palembang Masuk DPT Pemilu 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya