1 Jemaah Haji Asal Lahat Wafat, Sempat Dirawat di RS Arab Saudi

Almarhum menjalani perawatan di RS sejak tiba di Makkah

Intinya Sih...

  • Jemaah haji Embarkasi Palembang, Amirullah bin Ingsing Setadun meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis di RS An-Nur Arab Saudi.
  • Amirullah wafat di Makkah pada Sabtu (22/6/2024) pukul 08.30 Waktu Arab Saudi setelah berjuang melalui sakit sejak kedatangan di Makkah.
  • Sebelum meninggal, Amirullah direncanakan kembali ke Tanah Air namun takdir berkata lain, dimakamkan di Syaraya, Makkah.

Palembang, IDN Times - Jelang kepulangan seluruh kelompok terbang (kloter) jemaah haji Embarkasi Palembang, satu jemaah asal Lahat dikabarkan meninggal dunia. Almarhum wafat setelah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit (RS) An-Nur Arab Saudi.

"Jemaah atas nama Amirullah bin Ingsing Setadun dari kloter 14," ujar Pembimbing Haji Kloter 14, Khairul Saleh, Minggu (23/6/2024).

Baca Juga: Kloter 1 Haji Palembang Tiba, PPIH Sambut Jemaah dengan Dua Skema

1. Almarhum merupakan warga Desa Sindang Panjang Tanjung Sakti

1 Jemaah Haji Asal Lahat Wafat, Sempat Dirawat di RS Arab SaudiKloter 1 jemaah haji embarkasi Palembang tiba di Bandara SMB II (Dok. Kemenag Sumsel)

Amirullah bin Ingsing Setadun menghembuskan nafas terakhir di Makkah, Sabtu (22/62024) kemarin pukul 08.30 Waktu Arab Saudi. Amirullah merupakan warga Desa Sindang Panjang, Tanjung Sakti Pumu, Lahat, Sumatra Selatan (Sumsel).

"Almarhum telah berjuang melalui sakit yang dialaminya sejak kedatangan di Makkah. Namun beliau sudah ikut safari wukuf ke Arafah,” kata dia.

Baca Juga: Kloter 1 Jemaah Haji Palembang Tiba di Indonesia 22 Juni 2024

2. Almarhum dimakamkan di Syaraya, Makkah

1 Jemaah Haji Asal Lahat Wafat, Sempat Dirawat di RS Arab SaudiJamaah haji dari berbagai negara wukuf di Arafah. IDN Times/Faiz Nashrillah

Sebelum meninggal dunia, Amirullah direncanakan kembali ke Tanah Air, Senin (24/62024). Namun takdir berkata lain, karena almarhun wafat beberapa hari sebelum jadwal kepulangan yang telah ditetapkan panitia penyelenggara haji Indonesia (PPIH).

"Beliau dimakamkan di Syaraya, Makkah. Insya Allah hajinya diterima dan menjadi haji yang mabrur," timpalnya.

3. Jemaah haji kloter 1 Embarkasi Palembang sudah tiba di Tanah Air

1 Jemaah Haji Asal Lahat Wafat, Sempat Dirawat di RS Arab SaudiKondisi di Jamarat, Mina, saat jemaah haji akan melakukan lempar jumrah Aqabah. IDN Times/Faiz Nashrillah

Sementara kelompok terbang (kloter) 1 jemaah haji Embarkasi Palembang telah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Minggu (23/6/2024), dari penyesuaian jadwal kepulangan sebelumnya pada Sabtu (22/6/2024) malam.

Semua jemaah haji Embarkasi Palembang yang sudah sampai, langsung disambut Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dengan pelayanan dan fasilitas berdasarkan dua skema penyambutan.

"Jadi ada dua fasilitas atau kemudahan yang kita berikan yaitu kemudahan yang bersifat physic dan prosedural. Layanan tergabung dalam skema fast track," ujar Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, melalui siaran pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Sempat Ada yang Ketinggalan, Jemaah Diminta Fokus Siapkan Kepulangan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya