3 Tahun Kosong, Jabatan Wabup Muara Enim Diisi Usmarwi Kaffah

Usmarwi Kaffah peroleh 35 suara dari total 36 anggota DPRD

Muara Enim, IDN Times - Ahmad Usmarwi Kaffah akhirnya terpilih sebagai Wakil Bupati (Wabup) Muara Enim, setelah mendapat 35 suara saat Rapat Paripurna ke-XVII DPRD Muara Enim, Selasa (6/9/2022).

Ahmad Usmarwi Kaffah mengalahkan calon nomor urut 2, Muhammad Yudistira Syahputra, karena hanya memperoleh 1 suara. Dengan begitu, Usmarwi akan menjadi Wabup Muara Enim dengan sisa jabatan hingga 2023.

"Menyatakan Ahmad Usmarwi Kaffah memperoleh suara sebanyak 35 suara, selanjutnya akan ditetapkan sebagai Wakil Bupati Muara Enim terpilih sisa masa jabatan 2018-2023," kata Ketua DPRD Muara Enim, Liono Basuki.

1. Teruskan visi dan misi pendahulu

3 Tahun Kosong, Jabatan Wabup Muara Enim Diisi Usmarwi KaffahAhmad Usmarwi Kaffah, Wakil Bupati Muara Enim. (Foto: Istimewa)

Wabup Muara Enim terpilih, Ahmad Usmarwi Kaffah mengatakan, dirinya akan meneruskan visi dan misi Bupati Ahmad Yani dan Juarsah. Menurut Usmarwi, apa yang dilakukan pendahulunya sudah cukup baik untuk Kabupaten Muara Enim.

"Beliau-beliau sudah bekerja keras untuk menyajikan visi dan misi yang luar biasa," ujarnya

Namun Usmarwi belum berbicara banyak tentang pekerjaan yang akan lakukan setelah terpilih. Menurutnya, ia harus melewati pengesahan dan menunggu putusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. 

"Pada akhirnya saya baru bisa bicara," singkatnya.

Namun Usmarwi memastikan hal terpenting adalah membangun chemistry, hati, dan pikiran, yang terkoneksi dengan DPRD Muara Enim, Organisais Perangkat Daerah (OPD), dan seluruh anggota masyarakat.

"Saya kira itu yang bisa dilakukan dalam waktu singkat ini," jelasnya

Baca Juga: Puluhan Ormas dan Aktivis Muara Enim Dukung Pelaksanaan Pilwabup

2. Sejarah bagi warga Muara Enim

3 Tahun Kosong, Jabatan Wabup Muara Enim Diisi Usmarwi KaffahPemilihan Wakil Bupati Muara Enim yang dimenangkan Ahmad Usmarwi Kaffah, Senin (6/9/2022). (Foto: Istimewa)

Pemilihan Wabup Muara Enim mendapat respon dari masyaraka. Salah satunya Rahmad, warga Kecamatan Gelumbang. Ia bersyukur daerahnya punya Wabup definitif yang baru.

"Akhirnya sudah ada Wabup Muara Enim terpilih hari ini. Jabatan ini sudah lama kosong. Jadi, ya, ini sejarah untuk warga Muara Enim. Semoga saja Wabup yang baru ini amanah dan tulus membantu masyarakat," harapnya.

3. Pemilihan berlangsung 30 menit

3 Tahun Kosong, Jabatan Wabup Muara Enim Diisi Usmarwi KaffahPemilihan Wakil Bupati Muara Enim yang dimenangkan Ahmad Usmarwi Kaffah, Senin (6/9/2022). (Foto: Istimewa)

Pemungutan suara dipandu oleh Pansus Pemilihan. Ada dua orang saksi dari calon Wabup yang telah ditetapkan dan diverifikasi oleh Pansus Pemilihan. Pemungutan suara dilakukan secara langsung dan tertutup.

Saksi dari kedua calon Wabup kemudian memeriksa surat suara untuk memastikan kondisi dan jumlah 45 surat suara ditambah lima surat suara cadangan. Kemudian dilanjutkan pengecekan kondisi kotak suara serta bilik suara.

Anggota DPRD Muara Enim yang hadir dipanggil satu per satu untuk melakukan pencoblosan. Pemilihan dihadiri 36 orang dari dari total 45 anggota DPRD Muara Enim. Pemilihan itu berlangsung selama lebih kurang 30 menit. Rapat Paripurna dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim, Riswandar, Forkompimda, Kepala OPD, serta tokoh masyarakat.

Baca Juga: Profil Juarsah Bupati Muara Enim Tersingkat Hanya 1,5 Bulan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya