Isi BBM Meluber, 1 Unit Sepeda Motor Terbakar di SPBU Sekayu

Pengendara mengisi sendiri, tidak dibantu petugas

Intinya Sih...

  • Satu unit sepeda motor terbakar saat mengisi BBM di SPBU simpang 4 Teladan Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel pada Minggu (22/9/2024) sekitar pukul 06.10 WIB.
  • Pemilik motor tidak bisa memberhentikan nozel sehingga BBM pertamax tumpah dan menyebabkan api yang membakar sepeda motor Nmax yang dikendarai oleh Fitriandi.
  • Petugas SPBU bersama konsumen memadamkan api dengan cepat, namun pemilik kendaraan diimbau agar tidak mengisi BBM berlebihan ke tanki kendaraan untuk menghindari kebakaran.

Musi Banyuasin, IDN Times - Satu unit sepeda motor terbakar saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU darat simpang 4 Teladan Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel pada Minggu (22/9/2024) sekitar pukul 06.10 WIB.

Kejadian tersebut sontak membuat heboh para pengendara yang turut mengantri untuk mengisi bensin maupun warga sekitar. Tidak ada korban dalam insiden ini, namun motor tersebut dilaporkan hangus terbakar.

1. Pemilik motor melakukan pengisian BBM sendiri

Isi BBM Meluber, 1 Unit Sepeda Motor Terbakar di SPBU SekayuSepeda motor terbakar di SPBU Sekayu. (IDN Times/istimewa)

Kapolsek Sekayu AKP Rama Yudha mengatakan, berdasarkan keterangan dari pengawas SPBU bernama M. Rizki Bahanan, kejadian bermula saat salah satu konsumen bernama Fitriandi yang mengendarai sepeda motor Yamaha N-Max BG 5206 BAS sedang mengantri untuk mengisi BBM jenis pertamax.

"Pada saat giliran untuk mengisi, pemilik motor melakukan pengisian sendiri dengan cara mengambil nozel di SPBU, kemudian langsung melakukan pengisian BBM jenis Pertamax hingga penuh," ujarnya.

2. Api keluar dari bawah mesin sepeda motor

Isi BBM Meluber, 1 Unit Sepeda Motor Terbakar di SPBU SekayuSepeda motor terbakar di SPBU Sekayu. (IDN Times/istimewa)

Namun dikarenakan tidak bisa memberhentikan nozel tersebut, BBM jenis pertamax yang diisi ke sepeda motornya tumpah dari tangki dan berserakan di lantai.

"Selanjutnya nozel tersebut diberikan ke petugas SPBU, oleh petugas SPBU nozel tersebut diletakan kembali di tempatnya," ungkapnya.

Fitriandi pun membayar sejumlah uang ke petugas SPBU tersebut. Pada saat menghidupkan sepeda motornya, bersamaan itu keluar api dari bawah mesin sepeda motornya dan langsung menyambar serta membakar sepeda motor Nmax yang dikendarai oleh Fitriandi.

"Melihat itu petugas SPBU bersama konsumen yang lain secara bersama-sama mematikan api dengan menggunakan APAR dan pasir, setelah api padam. Sepeda motor Nmax tersebut langsung dibawa pergi oleh Fitriandi ke rumahnya," bebernya.

3. Polisi langsung cek TKP dan CCTV

Isi BBM Meluber, 1 Unit Sepeda Motor Terbakar di SPBU SekayuSepeda motor terbakar di SPBU Sekayu. (IDN Times/istimewa)

Setelah menerima laporan, pihaknya langsung mendatangi SPBU untuk mengecek TKP dan mengintrogasi pegawai SPBU. Petugas juga mengecek CCTV utk mengetahui kronologis kejadian yang sebenarnya.

"Atas kejadian ini kita imbau agar pemilik kendaraan tidak mengisi BBM berlebihan ke tanki kendaraan, apalagi sampai meluber. Karena BBM rentan sekali dengan percikan api yang memicu kebakaran. Untungnya petugas SPBU cepat tanggap sehingga api dengan segera dipadamkan meskipun bagian depan motor hangus," tutupnya.

Baca Juga: Tangki Kepenuhan Saat Isi BBM, Motor Terbakar di SPBU Pampangan

Yuliani Photo Community Writer Yuliani

Menulis untuk mendidik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya