Comscore Tracker

Petani Kepung Istana Dikira Demo, Jokowi: Ternyata Ucapan Terima Kasih

Jokowi tanya pada para petani apakah ikut demo atau tidak

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat. Gema Perhutanan Sosial Indonesia yang juga turut melakukan aksi demo di depan Istana, menggelar dialog dengan Jokowi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi kemudian bertanya kepada mereka, apakah mereka juga turut ikut aksi demo tersebut. Lalu, Gema Perhutanan Sosial Indonesia yang hadir di Istana pun menjawab bahwa mereka bagian dari aksi demo itu.

Petani Kepung Istana, Jokowi: Dipikir Demo, Ternyata Ucap Terima Kasih

Sempat Panik Petani Kepung Istana, Jokowi: Ternyata ucapan terima kasih

1. Ketum Gema Perhutanan Sosial Indonesia ucapkan terima kasih pada Jokowi

Petani Kepung Istana Dikira Demo, Jokowi: Ternyata Ucapan Terima KasihIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Awalnya, Ketua Umum Gema Perhutanan Sosial Indonesia, Siti Fikriyah Khuriyati mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Jokowi, atas program-programnya di bidang perhutanan. Menurut dia, program tersebut telah memberi kesejahteraan kepada para petani di Jawa.

"Kami hadir ini, pertama, mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kebijakan bapak menyelenggarakan program perhutanan sosial di Indonesia," kata Siti di hadapan Jokowi.

"Ini sungguh luar biasa karena ini bisa memberi penghidupan luar biasa pada petani. Kami terima kasih kepada Bu menteri yang telah terbitkan SK perhutanan sosial," sambung dia.

Baca Juga: Polisi Sebut Akbar Jatuh dari Pagar Saat Demo, Ini Respons Orangtuanya

2. Jokowi tanyakan apakah mereka yang hadir ikut berdemo atau tidak

Petani Kepung Istana Dikira Demo, Jokowi: Ternyata Ucapan Terima KasihIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Usai Siti menyampaikan sambutannya, kini giliran Jokowi memberikan sambutan. Di awal sambutannya, Jokowi bertanya kepada para anggota Gema Perhutanan Sosial Indonesia, apakah mereka termasuk yang berdemo di depan Istana atau tidak. Mereka pun kompak menjawab "iya" kepada Jokowi.

"Ini yang hadir di sini itu termasuk bagian yang demo di depan itu?" tanya Jokowi.

"Iya," jawab mereka kompak.

"Iya?" kata Jokowi lagi. "Bukan demo, kumpul gitu bukan demo. Pagi-pagi tadi mau masuk Istana polisi banyak sekali ini apa," ungkap Jokowi.

3. Jokowi sebut aksi bukan demo, tetapi ucapan terima kasih

Petani Kepung Istana Dikira Demo, Jokowi: Ternyata Ucapan Terima KasihIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kemudian, Jokowi sempat bertanya tentang demo tersebut. Orang sekitarnya mengatakan itu adalah demo besar. Namun ternyata, para demonstran malah ucapkan terima kasih pada Jokowi.

"'Bukan demo?, 'bukan'. Lah katanya ribuan ada demo besar itu apa. Oh, nggih, nggih, nggih. Berarti belum sambung. Dipikir demo, ternyata ucapan terima kasih. Itu bedanya jauh itu. Polisi banyak sekali ini apa, pagi-pagi tadi saya liat," ucap Jokowi.

"Disampaikan ke saya ada demo Pak. Kalau polisinya banyak yang demo pasti banyak juga. Iya Pak, ribuan Pak. Ternyata ucapan terima kasih," sambungnya.

Baca Juga: Soal Korban Demo Koma 9 Hari, Polisi: Jatuh dari Pagar, Kepala Duluan

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You