Pemerintah Salurkan 55.000 Paket Sembako ke 15 Kota Terdampak COVID-19

Bansos sembako melengkapi bantuan sosial yang sudah ada

Jakarta, IDN Times - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pemerintah sudah membagikan bantuan sosial (bansos) berupa sembako, kepada warga terdampak COVID-19 di 15 kota.

Bansos tersebut melengkapi bantuan sosial yang telah diberikan Kementerian Sosial (Kemensos) maupun pemerintah daerah.

"Jadi sudah 15 kota, yang pertama Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung. Baru empat kota, itu minggu lalu," kata Heru kepada wartawan, Kamis (7/5).

1. Bansos sudah diberikan ke empat kota pertama

Pemerintah Salurkan 55.000 Paket Sembako ke 15 Kota Terdampak COVID-19Paket sembako sebagai bansos untuk warga miskin di Palembang. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Setelah diberikan kepada empat kota, Heru mengatakan, bantuan dari tersebut akan didistribusikan ke kota-kota lain. Mulai dari Makassar hingga Lampung.

"Terus minggu ini, Makassar, Palembang, Bandar Lampung, dan lain-lain. Nah, yang Jawa, Surabaya, kemarin itu 10 ribu (paket). Nah, yang sekarang ini 5 ribu (paket), 5 ribu (paket) ada beberapa kota," ujar dia.

Pemerintah Salurkan 55.000 Paket Sembako ke 15 Kota Terdampak COVID-19(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Data Bansos Tumpang Tindih, Begini Respons Menko PMK Muhadjir Effendy

2. Sebanyak 55 ribu paket sembako akan diberikan

Pemerintah Salurkan 55.000 Paket Sembako ke 15 Kota Terdampak COVID-19Paket sembako sebagai bansos untuk warga miskin di Palembang. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Heru menjelaskan, Presiden Jokowi memerintahkan pembagian bansos tersebut melalui Kasetpres pada 1 Mei 2020, dengan total 55 ribu paket sembako yang siap dibagikan.

Adapun isi dalam paket bantuan sembako tersebut berupa 10 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, dan 1 kotak teh.

"Palembang 5 ribu paket, Lampung 5 ribu, Cirebon 5 ribu, Balikpapan 5 ribu, Samarinda 5 ribu, Makassar 10 ribu, Ambon 5 ribu, Sorong 5 ribu, Jayapura 5 ribu, Kupang 5 ribu, Metro Lampung 5 ribu," kata Heru, merinci pembagian kuota bansos sembako.

3. Pemerintah akan melihat perkembangan ke depan, untuk menentukan berapa lama bansos sembako diberikan

Pemerintah Salurkan 55.000 Paket Sembako ke 15 Kota Terdampak COVID-19Bansos dari Kemensos di Sukamaju Baru Depok (Dok. LPM Sukamaju Baru)

Heru mengatakan, bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat di kota-kota lain, yang terdampak virus corona. Dia juga berharap bantuan ini bisa meringankan pemerintah daerah.

"Mungkin ada yang tidak terdaftar 10 ribu, atau 15 ribu, ya Bapak Presiden bantu 5 ribu," ucap dia.

4. Anggaran bansos sembako berasal dari bantuan masyarakat

Pemerintah Salurkan 55.000 Paket Sembako ke 15 Kota Terdampak COVID-19Paket sembako sebagai bansos untuk warga miskin di Palembang. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Terkait berapa lama bantuan itu akan diberikan kepada masyarakat terdampak COVID-19, Heru mengatakan, pemerintah akan melihat perkembangan ke depan. Nantinya, kota-kota lain yang belum mendapatkan juga akan diberikan.

"Anggaran bansos ini dari anggaran bantuan masyarakat. Jadi kami distribusikan, caranya dengan Bulog masing-masing," kata Heru.

https://www.youtube.com/embed/cAOQYflb05U

Baca Juga: Tumpang Tundih, Kemensos Diminta Benahi Data Penerima Bansos Presiden

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya