Comscore Tracker

72.966 WNI dari Malaysia Dijadwalkan Pulang Hingga 10 Mei 

Belum ditambah WNI dari Timur Tengah dan ABK

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut puluhan ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri akan pulang ke Tanah Air. Ia menyebut sejumlah klaster dari luar negeri seperti Malaysia, anak buah kapal (ABK), hingga dari Arab Saudi.

Retno menyampaikan, sebanyak 72.966 TKI dari Malaysia akan tiba ke Tanah AIr hingga 10 Mei. Bahkan pemulangan WNI itu sudah dilakukan sejak 18 Maret lalu.

Baca Juga: 34.000 Pekerja Migran Pulang ke Indonesia, Seluruh Pintu Masuk Dikawal

1. Sebanyak 65 persen TKI masuk lewat jalur laut

72.966 WNI dari Malaysia Dijadwalkan Pulang Hingga 10 Mei Humas Kementerian Luar Negeri

Menlu memastikan pemulangan WNI tersebut akan diawasi oleh pemerintah. Tak hanya itu, pemerintah juga akan mengawal setiap pintu masuk untuk diperiksa dengan protokol kesehatan.

"Yang menggunakan jalur laut 65 persen, jalur darat 20 persen, dan jalur udara 15 persen," kata Retno dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin (11/5).

2. Pemerintah juga pulangkan ABK dan jamaah tablig dari India

72.966 WNI dari Malaysia Dijadwalkan Pulang Hingga 10 Mei (Menlu Retno Marsudi) Dokumentasi Kementerian Luar Negeri

Setelah klaster TKI dari Malaysia, klaster selanjutnya adalah ABK WNI. Retno menyebut ABK yang sudah kembali sejak kemarin mencapai 14.244 orang. Mereka pulang ke Indonesia melalui jalur udara di pintu masuk bandara Internasional Soekarno Hatta dan Ngurah Rai, serta melalui pelabuhan Tanjung Priok dan Benoa di Bali. Klaster lainnya adalah jamaah tablig dari India. 

"Dapat saya sampaikan bahwa jamaah tablig warga negara asing di India tak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga berasal dari Bangladesh, Malaysia, Kirgizstan, Thailand, dan lain-lain. Negara-negara yang saya sebutkan tadi adalah negara yang memiliki jamaah tablig cukup besar lebih dari 100 orang," ucap Retno.

Baca Juga: Kelonggaran Transportasi Bikin Bingung Gugus Tugas Sumsel

3. Kedatangan WNI umumnya berasal dari Timur Tengah

72.966 WNI dari Malaysia Dijadwalkan Pulang Hingga 10 Mei Menlu Retno Marsudi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

WNI yang akan pulang juga berasal dari sejumlah negara lain. Retno menyebutkan negara seperti Arab Saudi yang jumlahnya mencapai 922 orang, Kuwait 164 orang, dari Aljazair 391 orang, dan negara Kairo mencapai 333 orang menyusul 75 orang yang lebih dulu tiba.

"Malam ini ada kepulangan dari Bangladesh 196. Terakhir yang dapat saya sampaikan bahwa kedatangan saudara-saudara kita dari luar negeri masih akan berlangsung ke depan," jelasnya.

Baca Juga: Menlu Retno Sebut Kapal Tiongkok Langgar HAM ke ABK WNI

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya