Anies dan Basuki Saling Kritik Soal Banjir, Luhut: Jangan Dibenturkan!

Luhut bilang tak ada masalah dengan keduanya

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, meminta agar jangan ada pihak yang membenturkan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terkait banjir.

Usai meninjau ke lokasi banjir, Anies dan Basuki masing-masing memberikan komentar perihal penyebab dan solusi banjir. Publik menilai pernyataan mereka saling kritik atau berseberangan.

"Gak ada yang berseberangan kok, saya kira pikiran Pak Basuki benar dan Pak Gubernur juga okay. Saya kira jangan ditubruk-tubrukanlah," kata Luhut di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (3/1).

1. Normalisasi Sungai Ciliwung untuk proses pengaliran air lebih cepat

Anies dan Basuki Saling Kritik Soal Banjir, Luhut: Jangan Dibenturkan!Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 3 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menurut Luhut, apa yang disamapaikan Basuki tentang normalisasi Sungai Ciliwung itu penting. Sebelumnya, pada Rabu (1/1), Basuki menyatakan kekecewaannya terhadap Anies yang baru menormalisasi Kali Ciliwung sepanjang 16 km. Dia menyayangkan sisa 17 km darikali itu yang disebut Basuki, masih tergenang.

"Bagaimanapun sungai memang harus dibersihkan agar airnya lancar," kata Luhut mengomentari pernyataan Basuki tersebut.

"Tadi, Pak Basuki jelasin juga di kantor tapi sudah sepakat mereka saya dengar, Kan memang bagaimanapun kali itu mesti dibersihkan supaya airnya lebih lancar lewat," sambung Luhut.

Baca Juga: Menteri PUPR Kecewa Anies Baru Normalisasi Kali Ciliwung 16 Km

2. Bendungan Ciawi dan Sukamahi akan diselesaikan tahun ini

Anies dan Basuki Saling Kritik Soal Banjir, Luhut: Jangan Dibenturkan!Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Terkait pendapat Anies yang menyebut bahwa solusi banjir adalah penyelesaian pembangunan bendungan Ciawi dan Sukamahi yang perlu dipercepat, Luhut pun sepakat. Menurut Luhut, proyek bendungan di bawah pemerintah pusat itu memang akan diselesaikan tahun ini.

"Di Puncak itu, memang disiapkan dua bendungan itu. Memang baru tahun ini selesai," ucapnya.

3. Proses pemompaan air ke laut harus dipercepat

Anies dan Basuki Saling Kritik Soal Banjir, Luhut: Jangan Dibenturkan!Dok.Humas Jabar

Luhut juga mengatakan proses pemompaan air ke laut memang harus dipercepat sehingga air tak hanya mengalir melalui sungai saja.

"Bagaimana air itu supaya bisa dipompa ke laut. Mempercepat bukan hanya melalui sungai itu saja, itu saja kan. Gak ada masalah. 

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Daerah Normalisasi Bisa Kena Banjir, Anies Lempar Solusi ke Pusat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya