Comscore Tracker

Agar Gaji Pegawai KPK Tak Turun, Firli Bahuri Upayakan Hal Ini

Sebelum dilantik jadi Ketua KPK, Firli sempat temui Presiden

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Pemeliharaan Kemanan (Kabarhakam) Polri Irjen (Pol) Firli Bahuri pada Rabu (20/11) datang ke Istana Negara dan sempat bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia datang tidak seorang diri melainkan bersama puluhan anggota TNI atau Polri lainnya yang akan mendapat kenaikan pangkat. Firli yang dipromosikan menjadi Kabarhakam turut mendapat kenaikan pangkat bintang tiga atau komisaris jenderal. 

Lalu, bagaimana tanggapannya usai resmi menduduki posisi tersebut walau hanya sebentar?

"Tentu kenaikan pangkat ini adalah amanah dan kepercayaan bangsa melalui kepala negara," ujar Firli pada Rabu kemarin. 

Firli tak bisa menyembunyikan wajah sumringahnya. Apalagi dalam waktu tak lama, ia akan kembali ke Istana untuk dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lalu, apa saja pesan yang disampaikan oleh Jokowi kepada mantan Kapolda NTB itu?

1. Presiden Jokowi menitipkan pesan agar TNI dan Polri selalu solid

Agar Gaji Pegawai KPK Tak Turun, Firli Bahuri Upayakan Hal IniANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kepada media, Firli mengatakan pesan presiden yakni agar Polri dan TNI selalu solid. Apalagi tantangan yang dihadapi oleh kedua institusi itu tidak kecil. Situasi politik di dalam negeri harus dibuat kondusif dan aman. 

"Dengan begitu maka investasi bisa tumbuh," ujar Firli kemarin di Istana Negara. 

Investasi dalam luar negeri memang menjadi salah satu prioritas Jokowi. Hal tersebut lantaran Indonesia membutuhkan biaya yang tinggi untuk pembangunan infrastruktur. Sayangnya, Jokowi harus menghadapi kenyataan masih banyak perusahaan di luar negeri yang enggan menanamkan modalnya di Indonesia. 

Sebagai bukti ketika terjadi perang dagang antara Tiongkok dengan Amerika Serikat, sebanyak 33 perusahaan negeri Tirai Bambu itu tidak sedikit pun melirik untuk bisa berinvestasi di Tanah Air. Mereka memilih Vietnam, Malaysia dan Kamboja. 

Baca Juga: Kalah Daya Saing dengan Vietnam, Jokowi Ajak RI Introspeksi Diri

2. Walau hanya sebulan menjabat Kabarhakam bukan berarti Firli tak punya program untuk dijalankan

Agar Gaji Pegawai KPK Tak Turun, Firli Bahuri Upayakan Hal IniFirli Bahuri (Dokumen Humas Polri)

Firli menyadari tak akan lama duduk sebagai Kabarhakam. Namun, ia mengaku tetap memiliki program untuk dijalankan hingga akhir Desember mendatang. 

"Banyak yang dikerjakan, di antaranya kami menjamin akuntabilitas kinerja baharkam. Kedua, dalam waktu dekat kita akan menghadapi agenda nasional seperti PON di Papua, Natal dan Tahun Baru, dan Pilkada 2020. Itu kan harus disiapkan semua," ujar pria yang sempat jadi Kapolda di Sumatera Selatan itu.

Ia menggaris bawahi apabila perencanaan di sana gagal, maka sama saja sudah menyiapkan agar peristiwa-peristiwa penting itu tak berhasil. 

"Maka, jangan sampai gagal dalam merencanakan," tutur dia. 

3. Firli mengaku tak membahas mengenai KPK saat bertemu Presiden Jokowi

Agar Gaji Pegawai KPK Tak Turun, Firli Bahuri Upayakan Hal IniKabaharkam Polri, Irjen Pol Firli Bahuri (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Firli mengaku tak membicarakan mengenai KPK ketika bertemu dengan Presiden Jokowi. Namun, ia sempat memberi komentar ketika ditanya soal rencana peralihan status kepegawaian KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Menurut Firli, mengenai aturan peralihan, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Kemenpan RB. Ia mengaku akan mengikuti aturan yang telah dibuat oleh kementerian tersebut. 

Ia juga tidak akan melarang apabila tak semua pegawai KPK bersedia dialihkan menjadi ASN. 

"Karena memilih (untuk menjadi ASN) itu adalah hak. Kalau mau alih status menjadi ASN silakan. Kalau mereka gak mau ya jangan tanya saya, karena saya gak bisa menjawab itu," kata dia. 

Firli mengaku tak akan membuat kebijakan aneh ketika duduk sebagai Ketua KPK. Rencananya proses pelantikan akan berlangsung (21/12) mendatang. 

"Gak ada kebijakan aneh-aneh. Yang pasti seluruh pegawai harus tetap sejahtera, gaji gak boleh turun. Itu penting," ujarnya lagi. 

Gimana, pendapat kalian guys soal peralihan pegawai KPK menjadi ASN?

Baca Juga: Tjahjo Kumolo: Jadi ASN, Pegawai KPK Bisa Pindah Kerja ke Kementerian 

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya