Comscore Tracker

Satgas COVID-19 Minta Warga Usia 45 Tahun ke Atas Tetap di Rumah

Kelompok usia di atas 45 tahun, jaga kesehatan ya!

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, meminta masyarakat yang berusia 45 tahun ke atas menjaga kesehatannya dan tetap berada di rumah.

"Jika terpaksa keluar rumah harus betul-betul menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak di tempat umum dan rajin cuci tangan," ujar Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

1. Satgas catat 80 persen kasus kematian berada di usia di atas 45 tahun

Satgas COVID-19 Minta Warga Usia 45 Tahun ke Atas Tetap di RumahJuru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Wiku, kematian akibat COVID-19 harus menjadi perhatian khusus. Wiku menyoroti kelompok usia yang mencatat kasus kematian terbesar di Indonesia.

"Jika dilihat dari kelompok usia, ternyata 80 persen dari total kasus kematian itu berasal dari kelompok usia di atas 45 tahun," kata Wiku.

Rata-rata kasus kematian menurut Wiku meningkat dari 3 persen di pekan lalu menjadi 7 persen di pekan ini.

Baca Juga: 80 Persen dari Kasus Kematian COVID-19 di RI Berusia di Atas 45 Tahun

2. Masyarakat berusia di atas 45 tahun diminta tak gunakan transportasi umum

Satgas COVID-19 Minta Warga Usia 45 Tahun ke Atas Tetap di RumahSejumlah calon penumpang berjalan menuju KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Wiku juga meminta warga di usia rentan segera menghindari penggunaan transportasi umum. Menurutnya hal itu pada usia produktif antara 19-45 tahun.

"Sebagai kelompok usia yang produktif dengan mobilitas tinggi, serta frekuensi interaksi sosial juga tinggi, berpotensi menjadikan sebagai carrier yang bisa menularkan COVID kepada keluarganya, ataupun kerabatnya, atau pun kelompok orang-orang berusia rentan dan tinggal bersama mereka," ujar Wiku.

Ia menyebut kelompok usia ini yang baru beraktivitas di luar, langsung membersihkan diri setibanya di rumah sebelum berinteraksi dengan kelompok usia rentan lainnya.

3. Kasus aktif di Indonesia tercatat lebih rendah dibanding kasus aktif di dunia

Satgas COVID-19 Minta Warga Usia 45 Tahun ke Atas Tetap di RumahJuru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Wiku menegaskan, kasus aktif di Indonesia memiliki persentase yang lebih rendah dibandingkan kasus aktif dunia. Kasus aktif di Indonesia cenderung mengalami penurunan setiap minggunya.

"Kasus aktif di Indonesia lebih rendah dari kasus aktif dunia sekitar 24,4 persen dibanding dengan 24,5 persen dan ini fluktuatif," sambung dia.

Baca Juga: Satgas: Waspada, Tidak Tersisa Lagi Ada Zona Kuning dan Hijau di DKI! 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya