Comscore Tracker

Kurikulum Darurat di Semua Jenjang Berlaku Hingga Akhir Tahun Ajaran

Kurikulum Darurat adalah perampingan dari Kurikulum 2013

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan, Kurikulum Darurat yang dipersiapkan kementeriannya akan berlaku hingga akhir tahun ajaran 2020/2021, yakni Mei/Juni 2021. Kurikulum ini dikeluarkan Kemdikbud setelah tahun ajaran baru berlangsung di tengah pandemik COVID-19.

"Pelaksanaan kurikulum ini berlaku sampai akhir tahun ajaran," kata Nadiem dalam Pengumuman Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan Kemdikbud lewat aplikasi Zoom, Jumat (7/8/2020).

1. Kurikulum Darurat disiapkan untuk seluruh jenjang pendidikan

Kurikulum Darurat di Semua Jenjang Berlaku Hingga Akhir Tahun AjaranIlustrasi Belajar Online (IDN Times/Sunariyah)

Nadiem menyebut, Kurikulum Darurat itu berlaku untuk semua jenjang pendidikan. Mulai dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA dan SMK.

"Kami telah menyusun Kurikulum Darurat," ujar Mas Menteri, begitu Nadiem akrab disapa dalam paparannya.

Kurikulum Darurat merupakan penyederhanaan kompetensi dasar yang telah ditunggu-tunggu semua guru, bahkan sejak beberapa bulan lalu. 

Baca Juga: Palembang Kekurangan Guru SD-SMP, Disdik Bersurat ke Kemendikbud 

2. Kurikulum Darurat hanya perampingan dari Kurikulum 2013

Kurikulum Darurat di Semua Jenjang Berlaku Hingga Akhir Tahun AjaranMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarin (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Nadiem menegaskan, Kurikulum Darurat merupakan Kurikulum Nasional 2013 yang sekarang berlaku. Namun bedanya ada perampingan yang dramatis.

"Kurikulum Darurat itu adalah penyederhanaan kompetensi dasar yang mengacu pada Kurikulum 2013," ujar Nadiem.

"Jadi bukan kurikulum tidak terstandar. Kita memilih kompetensi dasar yang terpenting dan memberi hak kepada guru untuk fokus kepada kompetensi tersebut," tambahnya.

3. Kemdikbud sediakan modul bagi jenjang PAUD dan SD

Kurikulum Darurat di Semua Jenjang Berlaku Hingga Akhir Tahun AjaranIlustrasi Pelajar (SD) (IDN Times/Mardya Shakti)

Menteri Nadiem menyadari, jenjang PAUD dan SD merupakan jenjang pendidikang paling terdampak dengan pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Oleh sebab itu, dalam Kurikulum Darurat nanti Kemdikbud menyediakan modul untuk dua jenjang tersebut.

"Kemdikbud menyediakan modul pembelajaran spesifik dan berisi panduan untuk guru, pendamping yaitu orang tua atau wali, dan siswa," kata Nadiem.

Ia dengan tegas menyatakan, ada dua aspek utama dari Kurikulum Darurat yang dikeluarkan Kemdikbud. Pertama, penyederhanaan secara masif kompetensi dasar dan standar pencapaian. Lalu yang kedua, model pembelajaran spesifik yang bisa dilakukan di dalam rumah untuk jenjang SD dan PAUD.

Baca Juga: Kurikulum COVID Segera Berlaku, Nadiem Makarim: Jadi Semakin Ramping

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya