Comscore Tracker

Buka Fakultas Dekat Kawasan Industri, Kampus Terima Banyak Manfaat

Mahasiswa tidak hanya belajar tapi bisa langsung praktik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberi masukan agar perguruan tinggi bekerja sama kawasan industri. Salah satu cara yang menurutnya bisa ditempuh, yakni membuka fakultas di dekat kawasan Industri.

"Jika ada di kawasan industri terdekat, ajak segera bekerja sama buka fakultas atau departemen atau program studi di kawasan industri itu, khususnya yang karakter keilmuannya dekat dengan jenis industri di kawasan tersebut," kata Jokowi membuka konferensi forum Rektor Indonesia 2020 yang diselenggarakan secara daring dan ditayangkan di kanal YouTube IPB TV pada Sabtu, 4 Juli 2020. 

1. Jokowi sebut kerja sama dengan kawasan industri perlu dilakukan

Buka Fakultas Dekat Kawasan Industri, Kampus Terima Banyak ManfaatIlustrasi kawasan industri. pulauintan.com

Menurutnya, perguruan tinggi yang mendekat ke industri tidak hanya sekedar memberikan pengalaman bekerja kepada mahasiswa, tetapi juga bermanfaat bagi perguruan tinggi. 

"Saya mengajak perguruan tinggi lebih aktif bekerjasama dengan industri, termasuk bekerjasama dengan kawasan industri terdekat," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Perguruan tinggi kata Jokowi juga bisa menggandeng industri untuk membantu penelitian dan mengembangkan teknologi. "Perguruan tinggi juga bisa melakukan riset dan pengembangan ilmu murni," ujarnya lagi. 

Baca Juga: IPB akan Laksanakan Semester Ganjil Secara Daring

2. Presiden berharap mahasiswa dibebaskan agar tak mengandalkan ilmu ke para dosennya saja

Buka Fakultas Dekat Kawasan Industri, Kampus Terima Banyak ManfaatPexels.com/Vlada Karpovich

Dalam kegiatan itu, Jokowi juga menyampaikan pesan lain kepada para rektor di Indonesia. Ia menngimbau agar mahasiswa sudah dimerdekakan. Arti merdeka menurut Jokowi adalah mahasiswa dapat dengan bebas belajar kepada siapa saja, tidak hanya dosen.

"Agar mahasiswa bisa menangkap perubahan yang dinamis. Perubahan dunia yang dinamis karena dipicu oleh destruksi dan hiperkompetisi yang terjadi sekarang ini," kata Jokowi.

3. Jokowi minta perguruan tinggi perhatikan kesehatan mental mahasiswa

Buka Fakultas Dekat Kawasan Industri, Kampus Terima Banyak ManfaatPresiden Joko Widodo dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (Dok. IDN Times/Tangkap Layar IPB TV)

Lalu yang terakhir, Jokowi berpesan agar pendidikan tinggi harus memberi perhatian yang besar kepada kesehatan fisik dan mental mahasiswa. Para rektor katanya, harus bergerak membangun karakter mahasiswa yang hati dan pikirannya membangun Indonesia. 

"Mahasiswa juga diharapkan berakhlak mulia, yang bermental baja dan memegang teguh Pancasila," kata Jokowi. 

Selain itu, para rektor diharapkan membangun suasana kampus yang memperkokoh rasa kebangsaan, menghargai kebhinekaan dalam persaudaraan dan persatuan, berintegritas tinggi dan anti korupsi serta penuh toleransi dan menghargai demokrasi.

Baca Juga: Aktivitas Kampus setelah Pandemik, Rektor Unhas: Go Forward Better! 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya