Warga Cari Tersangka Pembunuh Nia, Aparat Imbau Tidak Anarkis

IS terlihat di Nagari Guguak membawa senjata tajam

Intinya Sih...

  • Warga Nagari Guguak membantu polisi mencari tersangka pembunuhan penjual gorengan, IS.
  • Pemerintah setempat mengantisipasi potensi tindakan anarkis warga dan memberikan imbauan agar tidak bertindak kekerasan terhadap tersangka.
  • Sejumlah warga ketakutan karena IS diduga membawa senjata tajam, namun pihak kepolisian telah melakukan upaya penangkapan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Padang Pariaman, IDN Times – Warga Nagari Guguak, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam turut aktif membantu kepolisian dalam pencarian tersangka kasus dugaan pembunuhan penjual gorengan, Nia Kurnia Sari (18). Puluhan warga berpartisipasi dalam upaya mencari tersangka berinisial IS yang masih dalam pelarian.

Namun, pemerintah setempat telah mengantisipasi potensi tindakan anarkis yang mungkin dilakukan warga akibat kegeraman terhadap tersangka

1. Antisipasi tindak anarkis warga

Warga Cari Tersangka Pembunuh Nia, Aparat Imbau Tidak AnarkisJunaidi Syah, Camat 2X11 Kayu Tanam (Foto: Halbert Caniago)

Camat 2x11 Kayu Tanam, Junaidi Syah, menyatakan pihaknya telah melakukan berbagai langkah preventif untuk menjaga situasi tetap kondusif.

"Kami kemarin juga sudah mengumpulkan warga di Kantor Wali Nagari untuk memberikan pengarahan," ungkap Junaidi, Selasa (17/9/2024).

Ia menegaskan, imbauan telah disampaikan kepada warga agar tidak bertindak anarkis jika tersangka ditemukan. "Kami mengimbau agar warga cukup memberikan informasi kepada polisi atau, jika diperlukan, hanya mengamankan tersangka tanpa melakukan kekerasan," tambahnya.

Menurutnya, imbauan tersebut juga diaminkan oleh warga yang ikut dalam melakukan pencarian keberadaan tersangka tersebut.

2. Warga diimbau tetap beraktivitas meski ketakutan

Warga Cari Tersangka Pembunuh Nia, Aparat Imbau Tidak AnarkisTim Polres Padang Pariaman melakukan pencarian tersangka pembunuhan Nia Kurnia Sari (Foto: Polres Padang Pariaman)

Sejumlah warga di sekitar lokasi pencarian mengaku ketakutan karena tersangka diduga membawa senjata tajam. Informasi dari warga menyebut IS terlihat di area perkebunan di Nagari Guguak dengan membawa parang.

"Dengan adanya informasi itu, kami mengimbau masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa. Polisi terus melakukan upaya penangkapan," kata Junaidi.

Ia mengungkapkan bahwa dengan adanya personel Kepolisian yang berada di daerah tersebut tentunya akan membuat masyarakat lebih aman untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

3. Tersangka sering terlihat di perkebunan warga

Warga Cari Tersangka Pembunuh Nia, Aparat Imbau Tidak AnarkisWarga membantu polisi melakukan pencarian tersangka pembunuhan Nia, gadis penjual gorengan di Padang Pariaman (Foto: Humas Polres Padang Pariaman)

Junaidi juga menyebut kehadiran polisi di daerah tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat. Selain itu, pemerintah juga telah berkoordinasi dengan keluarga tersangka agar mereka menyerahkan anaknya kepada pihak berwenang.

"Kami sudah meminta keluarga tersangka untuk menyerahkan anaknya melalui tim dari Kenagarian, dan mereka menyatakan bersedia. Namun, saat ini tersangka tidak berada bersama keluarganya," tutup Junaidi.

Baca Juga: Tersangka Pembunuh Nia Punya Riwayat Kriminal Pelecehan Seksual

Halbert Caniago Photo Community Writer Halbert Caniago

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya