Orangtua Afif Maulana Kecewa dengan Hasil Ekshumasi

Pertanyakan soal luka di bagian depan tubuh belum terjawab

Intinya Sih...

  • Orang tua Afif Maulana kecewa hasil ekshumasi tidak menjawab pertanyaan terkait luka di bagian depan tubuh anaknya.
  • Tim forensik PDFMI belum memberikan penjelasan detail tentang bekas luka besar di perut dan dada Afif Maulana.
  • Afrinaldi merasa yakin ada yang janggal dengan kematian anaknya karena tidak ditemukan bekas air sungai di tubuh Afif.

Padang, IDN Times – Orang tua Afif Maulana menyatakan kekecewaannya terhadap hasil ekshumasi yang dilakukan oleh tim Perkumpulan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI). Menurut Afrinaldi, ayah Afif, hasil tersebut tidak sesuai dengan harapannya karena sejumlah pertanyaan terkait kondisi jasad anaknya tidak terjawab.

“Hasil ekshumasi ini tidak sesuai dengan yang saya harapkan karena dokter Ade tidak menyampaikan secara utuh apa yang terjadi pada tubuh anak saya,” ujar Afrinaldi saat ditemui di LBH Padang, Kamis (26/9/2024).

1. Merasa tidak ada penjelasan tentang kekerasan di tubuh Afif Maulana

Orangtua Afif Maulana Kecewa dengan Hasil EkshumasiKonferensi pers hasil ekshumasi jenazah Afif Maulana (Foto: Halbert Caniago)

Afrinaldi mengungkapkan bahwa ia belum mendapat penjelasan tentang bekas luka di bagian depan tubuh Afif. Menurutnya, terdapat bekas luka yang cukup besar di area perut dan dada anaknya yang belum dijelaskan secara detail oleh tim forensik.

“Luka di bagian depan itu ada di bagian perut, ada bekasnya besar di perut juga di samping. Saya melihat langsung bekasnya di perut dan dada, dan itu memang ada bekasnya,” katanya.

Selain itu PDFMI juga tidak mengungkapkan tentang luka yang terjadi di bagian rahang Afif Maulana yang diketahui oleh Afrinaldi.

2. Banyak pertanyaan yang belum dijawab

Orangtua Afif Maulana Kecewa dengan Hasil EkshumasiOrang tua Afif Maulana mendengarkan hasil ekshumasi yang diungkapkan tim PDFMI (Foto: Halbert Caniago)

Selain itu, Afrinaldi juga menyoroti luka di bagian rahang Afif yang menurutnya tidak diungkapkan dalam hasil ekshumasi PDFMI. Ia mengaku belum mendapat jawaban memuaskan dari tim forensik atas pertanyaan yang ia ajukan saat konferensi pers.

“Bahkan kemarin saya sudah tanya soal luka di dada itu juga tidak dijawab. Saya ingin tahu apakah luka di bagian depan sempat melukai jantung atau bagaimana, dan apa penyebabnya, tapi tidak dijelaskan,” tambah Afrinaldi.

3. Keluarga semakin yakin ada kejanggalan

Orangtua Afif Maulana Kecewa dengan Hasil EkshumasiKetua tim ekshumasi jenazah Afif Maulana, dr Ade Firmansyah (Foto: Halbert Caniago)

Dalam penjelasan tim PDFMI sebelumnya, disebutkan bahwa tidak ditemukan bekas air sungai di tubuh Afif. Hal ini membuat Afrinaldi semakin yakin bahwa ada sesuatu yang janggal dengan kematian anaknya.

“Dokter Ade mengatakan tidak ada cairan yang terhirup ke dalam tubuh anak saya. Saya semakin yakin dia meninggal di darat, bukan di air,” ungkapnya.

Menurut Afrinaldi, ketidaktemuan cairan di tubuh Afif saat jatuh ke sungai menjadi pertanyaan besar. Ia berencana untuk terus mencari informasi lebih lanjut terkait kematian anaknya.

“Saya merasa semakin yakin ada yang janggal terjadi pada anak saya. Saya akan berusaha mendapatkan informasi itu sedetail mungkin karena dokter Ade sudah berjanji akan memberikan informasi secara lengkap kepada kami,” tutup Afrinaldi.

Baca Juga: Hasil Ekshumasi Afif Maulana Ungkap Penyebab Kematian

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya