Agen Perjalanan Ibadah Umrah Palembang Masih Cari Kepastian

Pemerintah Arab Saudi tutup akses kedatangam jemaan umroh

Palembang, IDN Times - Agen perjalanan ibadah umrah di Palembang belum bisa mengambil sikap, terkait adanya penutupan akses masuk bagi kedatangan jemaah umrah asal Indonesia yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi akibat wabah virus corona.

Menurut Manajemen Zafa Tour Palembang, Rafika Fitriyanti, hingga saat ini pihaknya masih mencari kepastian untuk mengatasi proses keberangkatan umrah para jemaah dan belum berani untuk mengambil kebijakan.

"Kami masih menunggu langkah-langkah pemerintah Indonesia, untuk memastikan keberangkatan jemaah yang sudah terbit visa dan issued tiketnya. Insyaallah kami juga berdoa semoga diberikan kelancaran," ujar dia kepada IDN Times, Kamis (27/2).

1. Kakanwil Kemenag Sumsel masih berada di Jakarta

Agen Perjalanan Ibadah Umrah Palembang Masih Cari KepastianIlustrasi Jamaah Umrah di Bandara Soekarno-Hatta (27/02) (IDN Times/Muhamad Iqbal))

Menanggapi hal itu, Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel), Saefuddin Latief mengatakan, pimpinan Kemenag Sumsel belum memberikan arahan karena sedang berada di luar kota.

"Pak Kakanwil (Alfajri Zabidi) sedang berada di Jakarta. Kami belum bisa memberikan tanggapan apa-apa," kata dia.

2. Masih menunggu arahan dan langkah dari Kemenag RI

Agen Perjalanan Ibadah Umrah Palembang Masih Cari KepastianSurat keberangkatan jemaah umroh dari Palembang dengan maskapai penerbangan Lion Air (IDN Times/Istimewa)

Saefuddin mengungkapkan, bahwa untuk instruksi, imbauan dan penangguhan pelaksanaan ibadah umrah ini semuanya melalui satu pintu, yakni arahan dari Kemenag.

"Kita sudah dengar juga ada penyetopan sesaat. Tapi kita juga masih menunggu, Insyaallah jika sudah ada keterangan dari pusat, kami sampaikan rilis terkait tanggapan dan hal-hal terkait penangguhan umroh ini," kata dia.

Baca Juga: Ada 22 Negara yang Jemaah Umrahnya Dilarang Datang ke Arab Saudi

3. Pihak PT Angkasa Pura II Bandara SMB II belum bisa beri komentar

Agen Perjalanan Ibadah Umrah Palembang Masih Cari KepastianIlustrasi Jamaah Umrah di Bandara Soekarno-Hatta (27/02) (IDN Times/Muhamad Iqbal))

Informasi yang diterima IDN Times, beberapa maskapai di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang masih memberangkatkan jemaah umrah ke Arab Saudi. Salah satunya dari Lion Group dengan nomor penerbangan JT112 yang akan take off pada pukul 15:30 WIB hari ini.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara SMB II, Fahrozi menuturkan, belum bisa memberi komentar lantaran aturan tersebut tergantung dari visa masing-masing jemaah.

"Ini terkait dengan visa dari Arab Saudi, jadi ini hubungannya dengan imigrasi. Silakan hubungi imigrasi, kami juga masih menunggu kebijakan," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya