Haru, Tenaga Medis Rayakan HUT ke-75 RI di Tengah Pandemik COVID-19

Terus berperang melawan virus corona di hari kemerdekaan

Jakarta, IDN Times - Sebuah bendera Merah-Putih berukuran 120 x 80 sentimeter dikibarkan di sebuah ruangan RSPP Extention Modular Simprug, rumah sakit rujukan COVID-19.

Dengan diikat di tiang infus, seorang tenaga medis terlihat melebarkan bendera Merah-Putih. Sejumlah tenaga medis lantas memberikan penghormatan kepada bendera tersebut.

Di hari kemerdekaan Indonesia ke-75 ini, mereka masih berjuang di garda terdepan melawan pandemik COVID-19 yang tidak kunjung reda.

1. Tenaga medis saat ini masih berjuang melawan COVID-19

Haru, Tenaga Medis Rayakan HUT ke-75 RI di Tengah Pandemik COVID-19Rolasih Yufarini, Perawat di RSPP Extention Modular Simprug Rujukan COVID-19 (Dok. Humas RSPP)

Rolasih Yufarini berjalan di lorong rumah sakit. Menggunakan Alat Pelindung Diri lengkap, dia melihat bendera pusaka disematkan di beberapa titik rumah sakit. Perasaan haru dan bersyukur, sebagai perawat dia ikut memberikan jiwa dan raga untuk negara yang saat ini masih berjuang melawan COVID-19.

"Saya sebagai perawat bisa mewujudkan cita-cita sebagai perawat menolong pasien dari bangsa sendiri terlebih saat wabah ini," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Kamis (17/8/2020).

Baca Juga: Anies di HUT ke-75 RI: Pandemik COVID-19 Ujian bagi Negara Kita

2. Rayakan kemerdekaan di rumah sakit

Haru, Tenaga Medis Rayakan HUT ke-75 RI di Tengah Pandemik COVID-19Tenaga medis RSPP Jakarta rayakan hari kemerdekaan Indonesia di rumah sakit (Dok. Humas RSPP)

Perawat yang akrab disapa Ola ini mengungkapkan tahun ini perayaan kemerdekaan sungguh berbeda dibanding sebelumnya. Tahun lalu, banyak lomba yang digelar di rumah sakit, namun tahun ini hanya lomba tim mengenakan baju hazmat dengan corak warna merah dan putih.

"Jadi sesi foto dan penghormatan bendera Merah-Putih tidak mengganggu pasien karena kamu lakukan di luar jam dinas," ucapnya

3. Ingat! Pandemik ini belum selesai!

Haru, Tenaga Medis Rayakan HUT ke-75 RI di Tengah Pandemik COVID-19Rolasih Yufarini, Perawat di RSPP Extention Modular Simprug Rujukan COVID-19 (Dok. Humas RSPP)

Ola berharap merasa prihatin sebab saat ini masyarakat sudah mulai melupakan protokol kesehatan bahkan cuek. Untuk itu dia mengimbau agar masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan.

"Ingat pandemik ini belum selesai sejak adanya new normal, masyarakat seolah cuek tidak patuh protokol kesehatan," terangnya.

4. Tetap patuhi protokol kesehatan, guys!

Haru, Tenaga Medis Rayakan HUT ke-75 RI di Tengah Pandemik COVID-19RSPP Extention Modular Simprug Rujukan COVID-19/ dok humas RSPP

Ola mengatakan sejauh ini pemerintah sudah perduli dengan tenaga medis namun ia ingin pemerintah tidak lelah mengimbau masyarakat agar tetap patuhi protokol kesehatan.

"Kita bersama-sama tetap jalankan dan patuhi protokol kesehatan kalau perlu masyarakat agar di rumah saja agar pandemik ini cepat berlalu," imbaunya.

Baca Juga: Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Tampil Virtual di Upacara HUT 75 RI

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya