[BREAKING] Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Kerinci

Diperkirakan karena cuaca berkabut dan hujan leba

Jambi, IDN Times - Rombongan Kapolda Jambi mengalami insiden saat helikopter yang ia tumpangi terpaksa mendarat darurat, Minggu (19/2/2023) siang. Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dalam perjalanan dinas menuju Kabupaten Kerinci .

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi terpaksa mendarat di kawasan hutan perbukitan Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Merangin.

Baca Juga: Profil Irjen Rusdi Hartono Kapolda Jambi Baru, Berpengalaman di Lantas

1. Kronologi kejadian

[BREAKING] Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat di KerinciKabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto. (IDN Times/Dedy Nurdin)

Informasi yang didapat dari Humas Polda Jambi, rombongan Kapolda Jambi berangkat dari Bandara Sulthan Thaha Saifudin Jambi sekitar pukul 09.30 WIB. Kapolda Jambi akan meresmikan gedung baru SPKT Polres Kerinci.

Ia berangkat didampingi Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani, dan ADC.

Namun sekitar pukul 11.02 WIB, Polsko Polda Jambi mendapat kabar jika helikopter jenis Heli Bell 412 SP Reg. P-3001 melakukan pendaratan darurat di Bukit Tamiai.

Baca Juga: 2 Heli Milik Polda Sumsel dan PT WKS Dikerahkan Cari Kapolda Jambi

2. Rombongan Kapolda Jambi selamat

[BREAKING] Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat di KerinciIlustrasi unit helikopter Bell 412 EP yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia untuk TNI Angkatan Darat (Dokumentasi PT DI)

Dari informasi yang beredar akibat pendaratan darurat itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono mengalami luka patah tangan. Namun Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto, belum menerima informasi mengenai hal tersebut.

"Dari komunikasi terakhir semua rombongan selamat, kami belum dapat informasi itu," katanya saat memberikan keterangan kepada IDN Times.

3. Kondisi cuaca berkabut dan hujan

[BREAKING] Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Kerincipotret hutan yang dikelilingi oleh kabut (unsplash.com/Patrick Hendry)

Mulia Prianto mengatakan, saat ini masih sulit melakukan komunikasi karena sambungan signal yang buruk. Ia juga mengatakan belum bisa memastikan penyebab Heli Bell yang ditumpangi Kapolda Jambi terpaksa mendarat darurat. Namun diperkirakan cuaca yang tidak bagus menjadi penyebab utama.

"Terakhir kita komunikasi dengan Dirreskrimum pakai HT (Handy Talk) tapi terputus karena sinyal buruk, di sana lagi hujan. Informasinya sedang berkabut, sampai sekarang masih turun hujan," kata Kabid Humas Polda Jambi.

Tim dari Basarnas, Polda Jambi, dan pihak lainnya sedang menuju ke lokasi di mana rombongan Kapolda Jambi berada.

Baca Juga: Pengakuan Warga Kasus Ibu Muda Pemilik Rental PS Lecehkan 11 Anak

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya