Wakil Ketua DPRD Solok Transaksi Sabu, Disebut Coreng Wajah Partai    

Partai Demokrat siap beri sanksi tegas

Padang, IDN Times - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat dari Fraksi Partai Demokrat bernama Lucky Efendi ditangkap jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Solok Arosuka lantaran terlibat narkoba.

Lucky ditangkap polisi, Selasa (10/1/2023) sekira pukul 00.15 WIB di kawasan Jorong Pasa Usang Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Dalam keterangan resminnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatera Barat menyerahkan sepenuhnya kepada proses hukum yang diambil oleh Polres Solok terkait penangkapan salah satu kadernya dalam kasus dugaan penyahgunaan narkotika tersebut.

1. Coreng wajah partai

Wakil Ketua DPRD Solok Transaksi Sabu, Disebut Coreng Wajah Partai    Ilustrasi narkoba jenis sabu-sabu. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

"Partai Demokrat sangat menyayangkan kader yang terlibat penyalahgunaan narkotika. Apalagi kader tersebut adalah wakil rakyat dari Partai Demokrat. Ini jelas mencoreng wajah partai, khususnya di Kabupaten Solok," kata Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Mulyadi, Selasa (10/1/2023).

Ia menambahkan, setiap kesempatan selalu menyampaikan keprihatinannya terhadap telah masuknya narkotika jenis sabu ke kampung-kampung di Sumatera Barat. Ia juga meminta Kepolisian selain fokus terhadap penindakan juga fokus kepada pencegahan yaitu mencegah masuknya sabu tersebut ke Sumbar dan tidak memberi toleransi kepada siapapundan bekingan siapapun yang terlibat kasus narkoba.

"Saya dapat informasi ada anak seorang pejabat di Sumbar yang terlibat narkoba. Setelah ditangkap, diamankan dan tidak diproses. Terkait kebenaran informasi tersebut sedang saya selidiki," ujar Mulyadi.

2. Sanksi tegas

Wakil Ketua DPRD Solok Transaksi Sabu, Disebut Coreng Wajah Partai    Ilustrasi borgol. (IDN Times/Mardya Shakti)

Mulyadi bilang, terkait peristiwa tersebut, Partai Demokrat akan mengambil langkah-langkah sesuai aturan organisasi. Bagi setiap kader, mereka sudah menandatangani pakta integritas ketika menjadi anggota DPRD Partai Demokrat.

"Mereka wajib mengikuti setiap aturan dan arahan serta kebijakan partai dan melaksanakannya secara tegak lurus sesuai aturan partai. Ada sanksi tegas dan proporsional bagi setiap kader yang melanggar aturan dan kebijakan dari Partai Demokrat," jelas Mulyadi.

3. Ditangkap saat transaksi

Wakil Ketua DPRD Solok Transaksi Sabu, Disebut Coreng Wajah Partai    Ilustrasi barang bukti sabu - sabu (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Diberitakan, Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Solok, Iptu Oon Kurnia mengungkapkan jika Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat dari Fraksi Partai Demokrat bernama Lucky Efendi ditangkap saat sedang melakukan transaksi narkotika jenis sabu.

Ia menjelaskan, usai mendapati informasi dari masyarakat dan melakukan penyelidikan, pihaknya menangkap Lucky di kawasan jalan raya Jorong Pasa Usang, Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang.

"Penangkapan yang bersangkutan berdasarkan informasi dari masyarakat yang menyebutkan adanya seseorang sedang melakukan transaksi narkotika jenis sabu. Ternyata yang bersangkutan seorang pimpinan DPRD Kabupaten Solok,"ujar Iptu Oon Kurnia.

Baca Juga: Polisi Tangkap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Terkait Sabu

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya